Nama Julukan Negara di Dunia


Bagikan :




Nama Julukan Negara di Dunia. Nama julukan atau sebutan untuk sebuah negara biasanya diberikan kepada negara tersebut karena kekhasannya, dan mungkin juga karena hanya negara tersebut yang memiliki ciri tersebut. Ada banyak sebutan untuk negara-negara dengan ciri khusus tersebut. Misalnya saja negara kita ini mendapat sebutan zamrud katulistiwa, negara maritim, negara kepulauan dan masih banyak yang lainya. Berikut ini beberapa nama julukan atau sebutan untuk beberapa negara di dunia.

1. Zamrud Khatulistiwa (Indonesia)
Indonesia adalah satu-satunya negara kepulauan terbesar yang dilalui garis khatulistiwa
atau garis ekuator. Secara geografis, Indonesia terletak pada koordinat 6 LS – 11 LU. Ada sebuah kota yang tepat dilalui oleh garis khatulistiwa yaitu ibukota Provinsi Kalimantan Barat, Kota Pontianak. Karena keistimewaan tersebut, dibangunlah Tugu Khatulistiwa di Kota Pontianak. Julukan Zamrud Khatulistiwa menggambarkan negara Indonesia sebagai sebuah negara yang sangat indah, seperti batu zamrud yang menghiasi Khatulistiwa.

2. Tirai Bambu (Cina)
Tanaman bambu Cina (Bambusa multiplex) terkenal dengan kualitasnya yang sampai sekarang masih menjadi yang terbaik se-dunia. Bambu Cina sangat kuat dan tidak mudah dipatahkan. Disebut tirai adalah karena negara Cina berpaham sosialis sehingga sangat tertutup dengan dunia luar. 

3. Negeri Gajah Putih (Thailand)
Asal-usulnya ada dua versi. Pertama, karena spesies hewan gajah putih endemik di Thailand. Maka dari itu disebut negeri gajah putih. Yang kedua, karena pada jaman dahulu kala, gajah putih dianggap sebagai hewan suci umat buddha thai karena gajah putih adalah kendaraan sidharta gautama saat bertapa di bahan pohon untuk mendapat wahyu.

4. Negeri Jiran (Malaysia)
Dalam bahasa Indonesia, Jiran = 1 tinggal sebelah-menyebelah atau dekat (sekitar) rumah; tetangga: -- yg terdekat; 2 negara tetangga, misalnya Malaysia atau Brunei Darussalam. Arti dari Negeri Jiran adalah negara tetangga.

5. Negeri Kincir Angin (Belanda)
Awalnya, 70% wilayah belanda adalah laut. Untuk memperbesar wilayahnya, pantai
disekeliling wilayah tepi Belanda dikeruk dan dibuat bendungan. Dalam proyek perbesaran wilayah itu, kincir angin memegang peranan penting yakni sebagai alat untuk mengalihkan dan membendung air, juga untuk menangkap dan mengalihkan banyak angin. Dengan adanya perkembangan teknologi kini kincir angin pun fungsinya lebih berkembang antara lain digunakan sebagai salah pembantu dalam bidang pertanian dan industri.

6. Matahari Terbit (Jepang)
Jepang disebut Nippon atau Nihon dalam bahasa Jepang. Sebutan Nippon sering digunakan dalam urusan resmi, termasuk nama negara dalam uang Jepang, prangko, dan pertandingan olahraga internasional. Sementara itu, sebutan Nihon digunakan dalam urusan tidak resmi seperti pembicaraan sehari-hari. Kata Nippon dan Nihon berarti Negara Matahari Terbit. Nama ini berasal dari utusan resmi negara China, dan merujuk kepada kedudukan relatif Negara ini di pesisir lautan Pasifik di sebelah timur benua Asia. Selain itu, berdasarkan legenda yang beredar, konon Negara Jepang diciptakan oleh Dewa Matahari, Kaisar Jepang adalah putra Dewa Matahari, dan bendera nasionalnya juga berasal dari legenda itu. Selain sebutan Negeri Matahari Terbit Jepang juga medapatkan julukan Negeri Sakura karena bunga Sakura merupakan ciri khas negara Jepang.

7. Atap Dunia (Tibet)
Tibet dijuluki sebagai atap dunia, karena daerahnya merupakan dataran tertinggi di bumi dengan ketinggian rata-rata 4.900 meter (16.000 kaki), termasuk dua puncak tertinggi, yakni Everest dan K2.

8. Negeri Paman Sam (Amerika Serikat)
AS medapatkan nama panggilannya ‘Negeri Paman Sam’ pada 7 September 1813. Nama ini berhubungan dengan Samuel Wilson, seorang pengemas daging asal New York. Ia menyuplai bertong-tong daging bagi tentara AS dalam Perang 1812. Wilson mencap tong-tong tersebut dengan ‘US,’ singkatan dari United States (Amerika Serikat) namun para tentara menganggapnya sebagai singkatan dari ‘Uncle Sam (Paman Sam).’ Koran lokal mengangkat cerita ini dan ‘Paman Sam’ mulai diterima sebagai panggilan pemerintahan federal AS.

9. Negeri Ginseng (Korea Selatan)
Ginseng dalam bahasa Korea Selatan disebut dengan Insam. Keberadaan Ginseng hampir selalu mewarnai kehidupan masyarakat Korea Selatan. Di Korea Selatan, Ginseng atau Insam ini dibudidayakan sedemikian rupa sehingga banyak sekali jenisnya. Di pasar kebutuhan sehari-hari atau pasar tradisional, kita akan melihat berbagai jenis Ginseng Sayur. Ginseng Sayur ini bentuknya kecil-kecil dan memang digunakan untuk bahan sayur. Dan makanan yang mengandung Ginseng, di Korea Selatan antara lain Soup Ayam ginseng. Bahkan orang-orang tertentu di Korea Selatan, sering langsung mengunyah ginseng ini secara langsung, tidak perlu disayur. Beberapa manfaat Ginseng di Korea Selatan antara lain, meningkatkan stamina tubuh supaya tidak kelelahan, memperbanyak mengeluarkan cairan dalam tubuh yang tidak diperlukan, mencegah iritasi dll.

10. Negeri Seribu Kuil (Nepal)
Julukan itu tidak berlebihan diberikan kepada Nepal. Di Lembah Kathmandu —di mana Kathmandu, ibu kota Nepal, berada— saja, setidaknya ada tujuh kompleks besar kuil Hindu atau Buddha berusia ribuan tahun. Dalam setiap kompleks kuil bisa ditemui puluhan atau bahkan ratusan candi, besar maupun kecil, yang dibangun oleh berbagai dinasti monarki yang berbeda yang pernah berkuasa di Nepal. Ketujuh kompleks kuil ini seluruhnya masuk situs warisan sejarah yang dilindungi Perserikatan Bangsa–Bangsa (UNESCO World Cultural Heritage Sites). Hebatnya, ketujuh kompleks besar kuil yang seluruhnya berada dalam radius 20 kilometer itu terawat dengan sangat baik dan hingga sekarang masih tetap digunakan sebagai tempat ibadah atau penyelenggaraan upacara atau festival keagamaan oleh masyarakat setempat.

11. The Black Country (Inggris)
Negara Inggris adalah merupakan negara industri maju di dunia dan merupakan sumber tulang punggung perekonomian negara tersebut. Pusat industri Inggris berada di Birmingham dan Sheffield. Udara di daerah tersebut selalu tampak hitam akibat tertutup oleh asap-asap industri yang sangat banyak, sehingga kawasan industri di Inggris sering disebut “The Black Country”

12. Negeri Seribu Danau (Finlandia)
Finlandia dikenal dengan sebutan negeri seribu danau karena memiliki 187.888 danau dan 60.000 diantaranya tergolong danau besar.

13. Tirai Besi (Rusia)
Rusia adalah pecahan Uni Soviet dan beribukota di Moskow. Negara tempat Arshavin, Gorbachev, dan Vladimir Putin berasal itu dikenal demikian karena negara ini dulu terkenal dengan faham komunisnya dan memberlakukan konsep Tirai Besi. Sejarah menyebutkan, konsep Tirai Besi yang diberlakukan melambangkan batas-batas Ideologi dan fisik yang membagi Eropa ke dalam dua wilayah terpisah dari akhir Perang Dunia II pada 1945 hingga akhir Perang Dingin pada 1991. Di tiap sisi Tirai Besi, negara-negara membangun sekutu-sekutu militer dan ekonomi internasional masing-masing. Anggota terpenting di pihak timur adalah Uni Soviet sedangkan di pihak barat adalah Amerika Serikat. Tirai Besi mengambil bentuk pertahanan perbatasan antara negara-negara Eropa Barat dan Eropa Timur, terutama Tembok Berlin, yang berperan sebagai lambang panjang Tirai secara keseluruhan.
Selain itu, julukan ini disematkan karena negara ini terkenal sebagai negara industri yang maju

14. The Gift of The Nile (Mesir)
Herodotus pernah menyebutkan bahwa “Mesir adalah hadiah sungai Nil” (Egypt is the gift of the Nile). Hal ini dikarenakan peranan sungai Nil begitu penting bagi lahirnya kehidupan masyarakat di lembah sungai tersebut. Sungai Nil selalu mengalir sepanjang tahun sekalipun musim panas. Air tersebut berasal dari gletsyer yang mencair dari pegunungan Kilimanjaro sebagai hulu sungai Nil. Namun, ada mitos yang menyebutkan bahwa air sungai yang mengalir terus tersebut adalah air mata Dewi Isis yang selalu sibuk menangis dan menyusuri sungai Nil untuk mencari jenazah puteranya yang gugur dalam pertempuran.

15. Anak Benua (India)
Secara geologis, negara India dan sebagian besar negara di wilayah Asia Selatan lainnya mempunyai lempeng tektonik sendiri, yaitu Lempeng India, yang terpisah dari bagian Eurasia lain dan dulunya merupakan benua kecil sebelum bertumbukan dengan Lempeng Eurasia. Bahkan hingga kini Lempeng India masih terus bergerak ke arah utara sehingga mengakibatkan pegunungan Himalaya semakin tinggi beberapa sentimeter setiap dasawarsa. Maka negara India di anggap sebagai anak benua.

16. Negeri 1001 Malam (Irak)
Dulu wilayah Irak termasuk dalam kawasan Persia. Julukan “Negeri 1001 Malam” diambil dari kisah yang terjadi di Persia pada jaman dulu. Alkisah, seorang sultan di daratan Persia bernama Raja Syahriyar, marah besar setelah menangkap basah istrinya tengah berselingkuh. Raja Syahriyar langsung memancung istrinya beserta laki-laki yang menjadi selingkuhannya. Suatu saat Raja Syahriar menikahi Syahrazad. Syahrazad bercerita terus tiap malam dan selalu berakhir menggantung (suspense). Cerita yang disampaikan Syahrazad selalu cerita dalam cerita sehingga meskipun satu cerita selesai bingkai ceritanya tak pernah selesai. Cerita-cerita yang dikisahkan Syahrazad adalah dongeng yang kita kenal seperti Aladdin dan Lampu Wasiat, Sinbad Sang Pelaut, Ali Baba, Harun Al-Rasyid dan Abunawas, dan sebagainya. Akhirnya selama 1001 malam Syahrazad terbebas dari hukuman pancung –dan dunia pun mendapat 1001 cerita– dan Raja Syahriyar pun menarik hukuman tersebut, serta Syahrazad tetap dicintainya menjadi permaisuri dan rakyatnya terutama para gadis yang merasa selamat dari aturan raja yang mengerikan tersebut. 

17. Negeri Kangguru (Australia)
Kanguru atau kangguru adalah hewan mamalia yang memiliki kantung (marsupialia). Hewan ini termasuk hewan khas Australia. Kata kanguru diambil dari bahasa Aborigin gangguru. Ada beberapa spesies kangguru yang hidup di New Guinea dan Pulau Papua Indonesia (). Namun keberadaan satwa ini di luar Asutralia jumlahnya tidak seberapa dan populasi terbesar berada di negara Australia.

18. Negeri Kiwi (Selandia Baru)
Burung kiwi adalah salah satu burung yang tidak bisa terbang. Daerah persebaran alaminya terbatas hanya di Selandia Baru. Burung ini terdapat dalam tiga spesies, Apteryx australis terdapat di tiga pulau utama Selandia Baru. Sementara Apteryx oweni dan Apteryx haasti hanya terdapat di pulau Selatan saja.

19. Negeri Matador (Spanyol)
Dalam budaya Spanyol, matador adalah
sebuah pertunjukkan pertarungan manusia melawan banteng yang terkenal di Spanyol dan di negara-negara berbahasa Spanyol lainnya. Orang yang diadu dengan banteng dalam pertunjukkan matador siebut torero. Seorang torero berperan mempermainkan dan pada akhirnya membunuh banteng tersebut. Hanya seorang torero yang sangat ahli yang dapat naik tingkat sebagai seorang matador dalam sebuah pertarungan melawan banteng yang disebut alternativa. 

20. Negeri Seribu satu larangan (Singapura)
Singapura adalah Negara yang sangat disiplin, Bersih, dan sangat maju meski dengan luasnya yang tidak seberapa dibandingkan dengan negara kita. Sebetulnya bukan seribu larangan tapi lebih tepatnya Peraturan yang sangat ketat dinegara tersebut. Dengan adanya peraturan-peraturan yang ketat tersebut menjadikan masyarakat lebih taat hukum dan juga memberi dampak yang positif untuk kemajuan negaranya.

21. Negeri Petro Dollar (Brunai Darussalam)
Negara yang kecil dan tidak terlalu sukses dalam urusan olahraga ini masuk kedalam urutan ke-5 negara terkaya dengan pendapatan per kapita sekitar $ 48.000. Oleh karena itu negara ini disebut sebagai negara petro dollar di ASEAN, karena hanya Brunei yang memiliki kekayaan sebesar itu. Negara ini bisa dibilang negara yang sangat tentram. Sama seperti Qatar dan Norwegia, negara ini juga mengandalkan ekspor hasil buminya.

22. Hell On Earth (Kamboja)


Julukan negara Kamboja Hell On Earth, Artinya negara "Neraka Dunia" karena peristiwa berikut. Pembantaian lebih dari dua juta jiwa rakyat oleh rezim Khmer Merah pada akhir tahun 1970-an. Pada saat itu dalam masa pemerintahannya, terjadi pemusnahan massal terhadap kaum intelektual dan lain-lain. Pada November 1978, Vietnam menyerbu Kamboja untuk menghentikan genosida besar-besaran yang terjadi di Kamboja.

23. Tanah Emas (myanmar)
Myanmar, yang disebut Tanah Emas oleh penduduknya yang mula-mula, adalah negeri yang kaya sumber daya: minyak dan gas, tembaga, timah, perak, tungsten, dan mineral-mineral lain, serta batu-batu berharga, seperti safir, zamrud, mirah, dan batu giok. Harta lainnya adalah hutan hujan tropis dengan kayu-kayu yang langka seperti jati, rosewood, dan padauk (kayu merah). Hutan-hutannya juga menjadi rumah bagi banyak satwa liar—antara lain kera, harimau, beruang, kerbau, dan gajah. Tetapi, harta yang sesungguhnya dari Tanah Emas adalah orang-orangnya.

24. The Land Locked Country/Tanah yang terkunci (Laos)

Laos dijuluki dengan The Land Locked Country/Tanah yang terkunci, karena letak geografis Laos yang terkurung/terkunci oleh 5 negara. Lima negara yang mengunci/mengurung negara Laso adalah Myanmar, Republik Rakyat Cina, Vietnam, Kamboja, dan Thailand.


25. Lumbung Padi (Filiphina)
Filipina terkenal dengan pertanian padi bukitnya, yang diperkenalkan kira-kira 2.000 tahun lalu oleh suku Batad. Padi-padi bukit tersebut terletak di lereng-lereng Gunung Ifugao dan berada di ketinggian 5.000 kaki dpl. Luasnya mencakup 4.000 mil² serta diusahakan secara tradisional tanpa penggunaan pupuk. Ia dinyatakan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO (Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan) pada tahun 1995.

26. Timorleste : bumi loro sae


Timor LoroSa’e, artinya sebuah tempat dengan pemandangan pantai dan pegunungan yang indah sebuah kolaborasi alam yang begitu eksotis. Timor Loro Sae artinya tempat matahari terbit. Tidak mengherankan jika disana tempat yang paling menarik adalah bibir pantai pasir putih dimana kita dapat melihat matahari terbit dari garis pantai. Pasir Putih, teletak sekitar 10 kilemeter ke arah Timur dari Ibu Kota Dili.

27. Taiwan-Naga Kecil Asia
Macan Asia Timur, juga dikenal dengan Empat Naga Kecil Asia menunjuk ke ekonomi Hong Kong, Singapura, Korea Selatan, dan Taiwan. Wilayah-wilayah dan negara tersebut menjaga pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan industrialisasi yang cepat antara awal 1960-an dan 1990-an.

28. Arab Saudi : negeri Minyak

Arab Saudi merupakan negara penghasil minyak bumi di dunia. Arab Saudi adalah negara kaya yang mengandalkan minyak bumi sebagai salah satu sektor penopang perekonomiannya. Kekayaan yang sangat besar yang didapat dari minyak, sangat membantu permainan dan pembentukan kekuatan peran dari keluarga Kerajaan Saudi baik di dalam maupun luar negeri. Perindustrian umumnya bertumpu pada sektor Minyak bumi dan Petrokimia terutama setelah ditemukannya sumber sumber minyak pada tanggal 3 Maret 1938.

29. Argentina : Negeri Tanggo

Argentina juga cukup terkenal dengan tarian 'tango'nya, terutamanya di kota-kota seperti
Buenos Aires. Tarian hot ini amat terkenal di seluruh dunia.Walaupun, pengaruh Eropa telah menyatu dengan kesenian, penulisan serta gaya hidup rakyat Argentina, negara ini masih dapat melestarikan identitasnya yang tersendiri. Ini jelas kelihatan dari tulisan karyawan Argentina yang tersohor seperti Jorge Luis Borges dan Manuel Puig, dan pemain bola sepaknya yang artistik seperti Diego Maradona.

30. Brazil : Negeri Samba 
Tarian Samba merupakan tarian khas Bazil. Kebudayaan Brazil merupakan kebudayaan bawaan dari negara penjajahnya yaitu portugal. Bisa terlihat kebanyakan kebudayaannya bentuknya seperti negara Latin, namun ada juga yang menyatu dengan kebudayaan brazil seperti Tarian Samba. Tarian samba ini sangat unik, merupakan kebudayaan khas brazil yang terkenal dibelahan bumi manapun. Bahkan Tarian samba ini banyak diaplikasikan seperti pada permainan bola. Kita bisa melihat gerakan-gerakan yang apik dari pemain-pemain Brazil seperti tarian samba sehingga Kesebalasan Brazil dijuluki dengan nama Tim Samba.

31. Bulgaria : Negeri Kuntum Mawar
.
Bulgaria adalah penghasil Minyak Mawar Terbaik Dan Termahal Di Dunia Apabila ingin orang mencari parfum ternama dan memiliki kualitas terbaik, tentu akan mengaitkan dengan kota Paris sebagai pusat mode dunia. Akan tetapi tahukah Anda bahwa minyak mawar terbaik yang digunakan sebagai bahan campuran parfum bukan berasal dari Perancis, melainkan dari negeri Balkan, Bulgaria.

32. Italia : Negara Spaghetti.

Italia disebut Negeri Spaghetti karena makanan Spaghetti adalah makanan khas Italia. Spaghetti adalah mi Italia yang berbentuk panjang seperti lidi, yang umumnya di masak 9-12 menit di dalam air mendidih al dente yang artinya tidak lengket di gigi, tidak terlalu mentah ataupun terlalu matang. Cara memakannya bervariasi tetapi yang sangat terkenal adalah Spaghetti alla Bolognese yaitu dengan saus daging cincang lalu ditaburi keju Parmesan parut.

33. Kanada : Negara Pecahan Es.

Kanada merupakan negara terbesar kedua di dunia dalam luas wilayah, setelah Rusia, meliputi sekitar 41% benua Amerika Utara. Kanada terkenal dengan iklimnya yang dingin. Musim dingin di sini dapat menjadi sangat kasar di banyak daerah, dengan risiko badai salju dan badai es dan suhu mencapai serendah -50 °C dapat terjadi di Utara. Pesisir British Columbia menjadi suatu pengecualian; dia memiliki iklim musim dingin yang lebih ringan dari tempat lainnya.  

34. Mesir : Negeri Firaun / Piramida, 

Piramida Mesir adalah sebutan untuk piramida yang terletak di Mesir yang dikenal sebagai
"negeri piramida" sekalipun ditemukan situs piramida dalam jumlah besar di Semenanjung Yucatan yang merupakan pusat peradaban Maya. Di Mesir umumnya piramida digunakan sebagai makam raja-raja Mesir Kuno yang dikenal dengan nama firaun. Namun demikian, berabad abad lalu piramida sering digunakan sebagai sasaran penjarahan dan perampok makam karena para raja-raja membawa harta kekayaannya dan segala macam artefak guna di alam baka

35. Kota Mode.(Paris-Perancis)

Kota mode adalah sebuah kota yang menjadi pusat utama industri mode, kegiatannya termasuk desain mode, produksi, ritel produk-produk mode, ajang mode (seperti pekan mode dan penghargaan mode), serta pameran dan aktivitas perdagangan yang terkait dengan mode yang menghasilkan output perekonomian yang signifikan. Kota mode umumnya memiliki sub-budaya kuat yang mampu memberikan inspirasi dan menjadi tren, tidak hanya bagi kalangan profesional mode, namun juga bagi warga kota yang bersangkutan, dan mengubah gaya dan budaya jalanan mereka menjadi karakteristik penting. Kota mode biasanya juga memiliki bisnis mode yang maju, hiburan, budaya, dan aktivitas rekreasi yang signifikan dan diakui secara internasional atas identitasnya yang unik dan kuat. Saat ini, ada empat kota yang dianggap sebagai pusat mode dunia, yang dikenal dengan julukan "empat besar", yaitu London, Milan, New York City dan Paris.Peringkat mengenai kota mode utama di dunia dirilis oleh Global Language Monitor setiap tahunnya.

36. Yunani : Negeri Peradaban/Negeri Para Dewa
Pada peradaban Yunani Kuno, masyarakatnya percaya bahwa dewa-dewi mereka
berkeluarga dan kadang berperang untuk mempertahankan kekuasaan masing-masing. Bukit Olympus dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa dan dewi. Dewa tertinggi bangsa Yunani ini adalah Zeus yang memiliki istri bernama Hera, yaitu Dewi Asmara. Beberapa dewa-dewi lain yang disembah masyarakat Yunani adalah sebagai berikut.
  • Dewa kematian bernama Hades.
  • Dewa laut bernama Poseidon.
  • Dewa pertanian bernama Demeter.
  • Dewa perang bernama Ares.
  • Dewa matahari dan kesenian bernama Apollo.
  • Dewa anggur bernama Dyonisos.
  • Dewa perniagaan bernama Hermes.
  • Dewi kecantikan bernama Aphrodite.
  • Dewi perburuan bernama Artemis.
  • Dewi keselamatan dan ilmu pengetahuan bernama Pallas Athena.
37. Uganda : Mutiara Afrika.
Republik Uganda adalah sebuah negara di Afrika Timur. Negara yang mendapat julukan "Mutiara Afrika" oleh Winston Churchill. Uganda, yang membentang di bagian tengah Afrika dan dilalui garis khatulistiwa, adalah negeri indah beriklim sedang. Gletser yang mencair nun jauh di atas Pegunungan Ruwenzori yang megah—dijuluki Pegunungan Bulan—mengalirkan air yang berkilauan ke banyak sekali sungai dan danau.Negeri tropis ini dihuni singa, gajah, kuda nil, buaya, macan tutul, jerapah, dan antelop, juga simpanse, beragam jenis monyet yang lucu, serta gorila gunung yang terancam punah. Burung-burung yang cantik menyemarakkan suasana dengan kicauan yang menyenangkan. Ya, ada begitu banyak keindahan di Uganda sehingga negeri itu disebut-sebut sebagai ”mutiara Afrika”.

Ditulis oleh: Tugino
Media Belajar Diperbarui pada: Friday, May 10, 2013

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment