Laporan Hasil Kunjungan


Bagikan :




Laporan adalah urutan yang menjelaskan kegiatan yang telah dilakukan. Kegiatan tersebut dapat berupa kegiatan perjalanan atau pengamatan. Ada beberapa hal yang perlu dikemukakan pada laporan hasil pengamatan, yaitu : tempat yang dikunjungi, waktu dan tujuan kunjungan, dan hal-hal menarik yang ditemui selama kunjungan.

Laporan pengamatan didasarkan pada hasil penglihatan, pendengaran, atau hasil penginderaan kita. Laporan pengamatan hendaknya mengemukakan hal-hal penting dan menarik.
Menentukan Isi Laporan 

Hal penting dalam sebuah laporan tentunya adalah isi dari laporan tersebut. Isi sebuah laporan dapat kita tentukan setelah kita membaca sebuah laporan secara lengkap. Berikut ini beberapa contoh laporan hasil pengamatan.
Contoh 1 :
Laporan Hasil Pengamatan

Tempat kegiatan     : SD Mekar Makmur
Hari, tanggal             : Sabtu, 26 Maret 2011
Waktu                        : 08.00-11.00
Pengamat                  : Rahmat
Hasil pengamatan    :
Pada hari Sabtu, 26 Maret 2011, SD mekar makmur mengadakan lomba. Lomba diadakan mulai pukul 08.00 – 11.00. peserta lomba adalah siswa kelas satu sampai kelas enam. Semua kelas membersihkan kelas. Kemudian, mereka menata kelas dengan rapi.
  • Isi laporan di atas adalah lomba kebersihan kelas


  • Perbaikan kalimat yang dicetak miring dalam laporan di atas adalah : Setiap kelas membersihkan kelas


  • Contoh 2 :Lomba cerdas cermat dimulai pukul 08.30 di balai desa. Lomba berjalan dengan lancar. Para peserta menunjukkan kebolehan mereka. Angka demi angka diperoleh para peserta. Lomba berakhir pukul 12.00. Lomba dimenangkan oleh SD Mutiara Timur.

    • Isi laporan tersebut adalah : Lomba cerdas cermat dimenangkan oleh peserta SD Mutiara Timur
    • Perbaikan kalimat yang dicetak miring adalah : Peserta menunjukkan kebolehan mereka


    Contoh 3 :Pada hari Selasa 11 Maret 2011 rumah Pak Agus dimasuki orang tak dikenal. Saat kejadian, rumah pak Agus dalam keadaan kosong. Pak Agus dan keluarganya sedang ke luar kota. Menurut informasi dari pak Agus, orang tak dikenal tersebut membawa sejumlah perhiasan dan uang.

    • Isi dari laporan di atas adalah : Terjadi pencurian di rumah Pak Agus, barang yang hilang adalah perhiasan dan uang.
    • Penulisan yang tepat pada kalimat yang dicetak miring adalah : Pada hari Selasa, 11 Maret 2011 rumah Pak Agus dimasuki orang tak dikenal
    Pembenahan Ejaan
    Ejaan dalam laporan arus menggunakan ejaan yang benar. Untuk dapat menentukan ejaan yang benar harus diperhatikan setiap bagian tulisan. Ejaan yang dimaksud dalam laporan dapat berupa penggunaan huru kapital dan penggunaan tanda baca. Perhatikan beberapa contoh penggunaan ejaan dalam laporan berikut ini :

    Contoh 1 :Sungai Kuning terletak di pinggir desa kuning. Air Sungai Kuning masih jernih dan bersih. Aliran air Sungai Kuning pun lancar dan tidak terhalang sampah. Pantas saja penduduk desa masih menggunkan air Sungai Kuning untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
    Kalimat yang dicetak miring menggunakan ejaan yang kurang tepat. Pembenahan kalimat yang dicetak miring adalah : Sungai Kuning terletak di pinggir Desa Kuning.
    Contoh 2 :
    Kegiatan kunjungan kemuseum diadakan hari Sabtu 19 Nopember 2011. Kunjungan dilakukan oleh semua siswa-siswi kelas V SD. Para siswa berangkat dari sekolah pukul 08.00 dengan mengendarai bus. Para siswa tiba di museum pada pukul 08.40.
    Perbaikan kalimat yang dicetak miring tersebut adalah : Kegiatan kunjungan ke museum diadakan pada  hari Sabtu, 19 Nopember 2011.
    Contoh 3:
    Laporan Kunjungan ke Museum BRI
    Tempat       : Purwokerto
    Waktu          : Minggu 13-11-2011

    Hasil Kunjungan :
    Museum Bank Rakyat Indonesia (BRI)  terletak di Kota Purwokerto. Kota Purwokerto merupakan kota yang kecil dan sudah berusia 429 tahun. Museum BRI terletak di Jalan Bank. Kota Purwokerto mudah diingat oleh masyarakat karena makanan khas Mendhoan yang terbuat dari tempe kedelai.

    Perbaikan ejaan pada keterangan waktu dalam laporan di atas adalah : Minggu, 13 Nopember 2011

    Melengkapi Laporan Rumpang
    Laporan rumpang adalah laran yang sengaja dihilangkan salah satu bagiannya. Bagian laporan : tempat yang dikunjungi, waktu dan tujuan kunjungan, dan hal-hal menarik yang ditemui selama kunjungan Tugas kita adalah melengkapinya dengan bagian yang tepat. Perhatikan contoh laporan berikut ini :
    Contoh 1 :
    Laporan Pengamatan
    Tempat Kunjungan : Perpustakaan Daerah Kabupaten Gresik
    Waktu  Kunjungan  : Sabtu, 28 Maret 2012
    Tujuan Kunjungan  : Mengamati keadaan perpustakaan
    Hasil Kunjungan      :........
    ada bagian hasil kunjungan dapat kita isi dengan hasil pengamatan kita. Misalnya : Perpustakaan Daerah Kabupaten Gresik mempunyai 4 orang pegawai, 15.000 buku fiksi, dan 11.000 buku non fiksi.

    Contoh 2 :
    Laporan Hasil Kegiatan
    Nama Kegiatan        :......
    Waktu pelaksanaan : Sabtu, 28 Maret 2012
    Tempat                     : Halaman Sekolah Bina Bangsa
    Kegiatan                   : Upacara, Lomba LKBB, tali temali
    Nama kegiatan dapat ditentukan dengan melihat pada kegiatan yang dilakukan. Kegiatan pada laporan tersebut adalah : upacara , Lomba LKBB, dan tali temali. Dari kegiatan tersebut dapat kita tentukan nama kegiatan yaitu : Latihan Pramuka.

    Ditulis oleh: Tugino
    Media Belajar Diperbarui pada: Wednesday, December 05, 2012

    0 comments:

    Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

    Post a Comment