Menyimpulkan Isi Berita


Bagikan :




Menyimpulkan Isi Berita. Dalam menyimpulkan berita yang akan kita dengar dari radio atau televisi, kita dapat berlatih  dengan meminta temanmu untuk membacakan sebuah berita dengan berbagai tema, misalnya tema tentang kesehatan. Setelah menyimak berita tersebut kita dapat melatih kemampuan menyimpulkan berita dengan cara membaca kembali teks berita yang telah dibacakan teman tersebut. Selanjutnya, kita harus menentukan pokok-pokok berita dan menyimpulkannya dengan menggunakan kalimatmu sendiri.  

Cara menyimpulkan isi berita adalah menyimak berita saksama dan mencatat pokok-pokok berita pada saat mendengarkan berita. Catatlah pokok-pokok berita dengan kalimat pendek agar tidak ketinggalan dalam menyimak berita. Membuat kesimpulan berita. Kesimpulan dibuat dengan merangkaikan pokok-pokok berita yang telah dicatat menjadi beberapa kalimat.

Langkah-langkah menyimpulkan isi berita sebagai berikut :
  • Menyimak berita dengan seksama.
  • Mencatat pokok-pokok isi berita yang kita dapatkan : tema, peristiwa, yang diberitakan, orang yang diberitakan, tempat kejadian, waku kejadian, proses terjadinya peristiwa yang sedang diberitakan.
  • Membuat kesimpulan berita dengan cara menyusun pokok-pokok berita kemudian disusun dalam kalimat berita.
Cara menyimpulkan isi berita dapat ditulis dalam sebuah paragraf berdasarkan pokok pokok pikiran yang telah ditemukan dalam wacana berita. Perhatikan contoh berikut !

Andik Vermansyah Pemain Indonesia Yang Harus Diwaspadai Malaysia

Pada pertandingan pertama melawan Laos, Andik langsung tancap gas. Pemain Persebaya Surabaya itu menjadi inspirator serangan-serangan Indonesia ke gawang Laos. Melalui tusukan-tusukannya di awal pertandingan, ia sempat mengancam gawang Laos seandainya umpannya kepada Irfan Bachdim berhasil diselesaikan dengan baik.

Saat Indonesia tertinggal 0-1 dan bermain dengan 10 pemain Andik berjasa membuat bek Laos Sopha Saysana memperoleh kartu merah. Saysana terlihat emosional dan mengganjal Andik dengan keras. Setelah bermain dengan 10 orang, serangan Laos mengendur meskipun memperoleh sejumlah peluang menjebol gawang Wahyu Tri Nugroho. Namun Laos berhasil unggul 2-1 lewat Keoviengphet Liththideth.

Saat posisi tertinggal, lagi-lagi Andik menyelamatkan muka Indonesia saat tendangan kerasnya yang gagal ditangkap kiper Laos dengan sempurna berhasil dimanfaatkan Vendry Mofu menjadi gol balasan 2-2.

Penampilan gemilang Andik berlanjut pada partai kedua melawan Singapura. Meskipun baru turun di babak kedua melalui Ellie Aiboy, ia berhasil menginspirasi para pemain Indonesia yang lain untuk terus menggempur pertahanan Singapura. Andik berjasa membuat Singapura bermain dengan 10 pemain, saat Irwan Shah mengganjalnya di sisi kiri pertahanan timnya dan membuatnya memperoleh kartu kuning kedua. Puncak kepahlawanan Andik adalah pada menit ke-88 saat tendangan bebas spekulasinya menjebol gawang Singapura

Melawan Malaysia nanti, jika tidak cedera Andik diprediksi akan tampil sejak menit pertama untuk meneror pertahanan Harimau Malaya.
Sumber : www.goal.com
Cara menyimpulkan isi berita dapat dilakukan dengan mengambil pokok-pokok pikiran berita kemudian menuliskannya dalam kalimat-kalimat. Perhatikan contoh berikut !
Paragraf 1 : Andik Vermansyah menjadi inspirator serangan-serangan Indonesia ke gawang 
                      Laos
Paragraf 2 : Saat Indonesia tertinggal 0-1 dari Laos, Andik berjasa membuat bek Laos 
                      Saysana terkena kartu merah.
Paragraf 3 : Andik menyelamatkan muka Indonesia saat tendangan kerasnya gagal 
                      ditangkap kiper Laos dan dimanfaatkan oleh Vendry Mofu.
Paragraf 4 : Saat melawan Singapura Andik berhasil mencetak gol kemenangan pada menit 
                      ke-88.
Paragraf 5 : Andik akan dimainkan sejak menit pertama untuk meneror pertahanan 
                      Malaysia
Kesimpulan :
Andik Vermansyah menjadi inspirator serangan-serangan Indonesia ke gawang Laos. Saat Indonesia tertinggal 0-1 dari Laos, Andik berjasa membuat bek Laos. Saysana terkena kartu merah. Andik menyelamatkan muka Indonesia saat tendangan kerasnya gagal ditangkap kiper Laos dan dimanfaatkan oleh Vendry Mofu. Saat melawan Singapura Andik berhasil mencetak gol kemenangan pada menit ke-88. Andik akan dimainkan sejak menit pertama untuk meneror pertahanan Malaysia.

Ditulis oleh: Tugino
Media Belajar Diperbarui pada: Thursday, November 29, 2012

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment