Macam-macam Tenses


Bagikan :




Tenses adalah tata kalimat, yaitu suatu pola kalimat yang digunakan dalam penyusunan kalimat bahasa Inggris. Tanpa pola kalimat, kita akan sulit membuat kalimat yang benar, dan mungkin akan keliru. Maka kita harus mempelajari pola kalimat yang benar agar mudah membuat kalimat bahasa Inggris. Tenses terbagi dalam berbagai macam bentuk, ada bentuk lampau, bentuk masa sekarang, dan bentuk masa datang. Dalam tiga macam kategori tenses itu, terbagi pula beberapa pola kalimat yang berbeda. Berikut adalah 16 tenses bahasa inggris yang akan kita pelajari, mari kita bahas satu persatu.

1. Present Tense
  • Simple present tense, Simple Present Tense adalah tenses yang paling banyak digunakan, dan karena paling banyak maka pembahasannya juga akan lebih panjang. Arti simple yaitu sederhana, sedangkan present adalah sekarang. Jadi bisa dikatakan bahwa Simple Present adalah tenses (pola kalimat) yang digunakan untuk menceritakan waktu sekarang dalam bentuk sederhana.  
  • Present Continuous tense, Present Continuous tense dalam tenses bahasa inggris digunakan untuk tindakan yang sedang berlangsung sekarang, kejadian di waktu sedang berbicara dan tindakan yang berlangsung hanya untuk jangka waktu yang singkat. Present Continuous tense disebut juga dengan Present Progressive Tense.
  • Present Perfect tense, Bentuk Present Perfect tense dalam tenses bahasa inggris digunakan untuk suatu tindakan sederhana yang masih berlangsung atau yang baru sajar berhenti, tetapi memiliki pengaruh hingga masa kini. Menempatkan penekanan pada hasil.
  • Present Perfect Continuous tense. Present Perfect Continuous mengungkapkan tindakan yang telah dimulai di masa lalu dan sekarang masih berlanjut. Tenses bahasa inggris ini juga digunakan untuk menceritakan kejadian yang dimulai dimasa lalu dan baru saja selesai.
2. Past Tenses
  • Simple Past tense. Simple past Tense digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang telah terjadi pada waktu tertentu di masa lalu. kejadian bisa pendek atau panjang. Berarti juga bisa menjadi beberapa kejadian terjadi satu demi persatu. Secara umum, Ada dua fakta penting yang perlu diingat dalam tenses bahasa inggris ini : kata kerja tak beraturan (Irregular Verbs), kalimat negatif dan pertanyaan tidak seperti kalimat positif tetapi mempertahankan bentuk dasar kata kerja
  • Past Continuous tense. Past Continuous Tense mengungkapkan tindakan di masa lalu yang sedang berlangsung. tindakan kadang dapat juga disela oleh sesuatu. bentuk tenses bahasa inggris ini disebut juga Past Progressive Tense.
  • Past Perfect Tense, Kita menggunakan Past Pefect (simple) tense untuk menunjukkan suatu tindakan di masa lalu berkaitan dengan tindakan lain sebelumnya di masa lalu.
  • Past Perfect Continuous tense. Perfect Continuous Tense digunakan untuk mengungkapkan suatu tindakan yang dimulai di masa lalu dan berlangsung sampai tindakan lain yang di masa lalu. Perbedaan antara Present Perfect Continuous and Past Perfect Continuous adalah : Present Perfect Continuous mengungkapkan tindakan yang terus berlanjut sampai sekarang sedangkan Past Perfect Continuous tidak.
3. (Present) Future Tenses
  • (Present) Simple Future tense. Simple Future adalah yang paling umum, digunakan dalam banyak situasi seperti ketika membuat janji, prediksi atau rencana. Future Tense disebut juga dengan Present Future Tense Simple Future Tense dibagi menjadi dua bentuk yaitu “Will/shall” dan “going to” tetapi memiliki perbedaan penggunaan. “going to” digunakan dalam mengucapkan suatu rencana tindakan yg telah dibuat jauh-jauh sebelum berbicara. Juga digunakan untuk mengungkapkan suatu prediksi berdasarkan tanda-tanda saat ini (pasti terjadi kemungkinan besar) “going to” juga dikenal dalam kata “gonna” yang sering digunakan dalam situasi tidak resmi. “will” digunakan dalam mengucapkan suatu rencana tindakan yang baru saja kamu pikirkan/belum direncanakan/spontanitas saat berbicara.juga digunakan untuk mengungkapkan ramalan yg akan terjadi berdasarkan perhitungan atau perasaan (belum tentu kepastiannya).
  • (Present) Future Continuous tense. Future Continuous tense umumnya digunakan untuk menandakan bahwa kita akan berada ditengah-tengah suatu kejadian dalam waktu tertentu di masa depan. Future Continuous dikenal juga dengan sebutan Present Future Continuous. Future Continuous juga memiliki 2 bentuk yaitu “will” dan “going to” memiliki makna yang sama dan bisa saling menggantikan saat digunakan. Berbeda dengan penggunaan pada simple future tense.
  • (Present) Future Perfect tense Kita menggunakan Future Perfect tenses bahasa inggris ini untuk menyatakan kejadian yang akan selesai dimasa depan yang sudah dimulai dimasa lalu. Future Perfect disebut juga Present Future Perfect Tense atau Future Perfect Simple Tense.
  • (Present) Future Perfect Continuous Tense Kita menggunakan Future Perfect Continuous tenses bahasa inggris ini untuk menceritakan kejadian yang akan berlangsung pada waktu tertentu di masa depan. Future Perfect Continuous Tense dikenal juga dengan sebutan Present Future Perfect Continuous atau Future Perfect Progressive.
4. Conditional / Past Future Tense
  • (Simple) Conditional / Past Future tense Simple Past Future Tense ini digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang akan terjadi pada masa lalu (bukan masa sekarang, kebalikan dari simple future tense).
  • Conditional / Past Future Continuous tense Kita menggunakan Past Future Continuous atau Past Future Progressive tense bahasa inggris ini untuk menceritakan suatu tindakan yang akan sedang terjadi pada masa lalu ( untuk yang sedang terjadi di masa sekarang disebut Future Continuous Tense).
  • Conditional / Past Future Perfect tense Past Future Pefect Tense digunakan untuk mengungkapkan tindakan yang akan sudah selesai di masa lalu (silahkan bandingkan perbedaannya dengan Future Perfect Tense).
  • Conditional / Past Future Perfect Continuous tense Tense bahasa inggris terakhir ini digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang akan sudah sedang terjadi pada masa lalu. Past future perfect continuous tense memiliki persamaan dengan future perfect continuous tense.
Berikut ini rumus kalimat positive, negative dan interrogative masing-masing tense
TensesPositiveNegativeInterrogative
Present TenseS + V1 (s/es)S+Do/Does+Not + V1D0/Does + S + V1
Present Continuous TenseS + Tobe + VingS + Tobe+ Not+ VingTobe + S + Ving
Present Perfect TenseS + have/has + V3S + have/sas Not + V3Have/has + S + V3
Present Perfect Continuous TenseS+have/has+been+VingS+have/has+not+been +VingHave/has + S + been + Ving
Past Tense S + V2S + did not + V1Did + S + V1
Past Continuous TenseS + was/were + VingS+was/were+Not+VingWas/Were + S + Ving
Past Perfect TenseS + had + V3S + had + not + V3Had + S + V3
Past Perfect Continuous TenseS + had + been + VingS + had + not + been + VingHad + S + been + Ving
Future TenseS + will + V1S + will + not + V1Will + S + V1
Future Continuous TenseS + will + be + VingS +will not + be + Ving Will + S + be + Ving
Future Perfect TenseS + will + have + V3S+will+not+have+V3Will + S + have + V3
Past Perfect Continuous Tense
S + had + been + Ving
S + had + not + been + Ving
Had + S + been + Ving
Past Future Tense
S + would + V1
S + would + not + V1
Would + S + V1
Past Future Continuous Tense
S + would + be + VingS + would + not + be + Ving
Would + S + be + Ving
Past Future Prefect TenseS + would + have + V3S + would + not + have + V3 Would + S + have +V3
Past Future Perfect Continuous TenseS + would + have + been + VingS + would + not + have + been + VingWould + S + have + been + Ving 

Ditulis oleh: Tugino
Media Belajar Diperbarui pada: Sunday, October 21, 2012

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment