Daftar Nama Sungai di Jawa Tengah


Bagikan :




Daftar Nama Sungai di Jawa Tengah. Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Provinsi ini beribukota di Semarang. Provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat di sebelah barat, Samudra Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan, Jawa Timur di sebelah timur, dan Laut Jawa di sebelah utara. Luas wilayahnya 32.548 km², atau sekitar 25,04% dari luas pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah juga meliputi Pulau Nusakambangan di sebelah selatan (dekat dengan perbatasan Jawa Barat), serta Kepulauan Karimun Jawa di Laut Jawa. Berikut ini daftar nama sungai di Jawa Tengah.
  • Kali Bogowonto
Sungai Bogowonto adalah sungai yang terletak di wilayah Provinsi Jawa Tengah yang bermuara ke Samudera Hindia. Sungai ini berhulu di dataran tinggi di daerah Kedu dan merupakan satu dari dua sungai cukup besar di Jawa Tengah yang bermuara ke pantai selatan, selain Sungai Serayu. Sungai Bogowonto merupakan batas alam bagian barat bagi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan wilayah Bagelen (sekarang Kabupaten Purworejo). Bagian hilir daerah aliran sungai ini juga sering dilanda banjir pada musim penghujan.
  • Kali Comal
Kali Comal adalah salah satu sungai yang mengalir di daerah Kabupaten Pemalang, provinsi Jawa Tengah. Sungai ini termasuk  Sub wilayah kali Pemali - Comal. Kali Comal adalah sungai terbesar di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Sungai ini mengalir menuju laut dan bermuara di Ujung Pemalang.
  • Sungai Juwana
Sungai Juwana adalah sebuah sungai yang melintasi Kota Juwana Kabupaten Pati Jawa Tengah. Sungai ini bermuara di Laut Jawa dan mengarah ke barat daya melewati Kota Juwana, Kecamatan Jakenan, Kecamatan Pati Kota, Kecamatan Gabus, Kecamatan Kayen Undaan Kabupaten Kudus hingga bermuara di Babalan Wedung Kabupaten Demak. Di Babalan ini, Sungai Juwana bertemu dengan Sungai Serang atau Sungai Lusi yang bermuara di Waduk Kedungombo. Karena terhubung dengan Waduk Kedungombo inilah yang menjadikan salah satu penyebab sering meluapnya Sungai Juwana.
  • Kali Lusi
Sungai Lusi adalah sebuah sungai yang melintas di tengah-tengah Kabupaten Grobogan dari timur mulai dari Bulu Kabupaten Rembang hingga bertemu dengan Kali Serang di Penawangan Kabuapten Grobogan Jawa Tengah. Sungai ini terletak di antara pegunungan Kapur Utara dan pegunungan Kendeng.
  • Sungai Progo
Kali Progo adalah sebuah sungai yang mengaliri Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta di Indonesia. Di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, sungai ini menjadi batas alami Kabupaten Kulonprogo dengan Kabupaten Sleman dan Bantul. Sungai ini bersumber dari lereng Gunung Sumbing yang melintas ke arah tenggara. Di daerah Ngluwar, Kabupaten Magelang, Kali Progo dibendung menjadi 2 aliran untuk sarana irigasi bagi masyarakat Yogyakarta oleh Belanda. Bendungan ini dikenal sebagai "Ancol Bligo" yang sekarang menjadi tempat rekreasi warga. Aliran irigasi ini yang satu mengalir dari Ngluwar menuju ke arah Timur membelah Kabupaten Sleman dan menuju ke Kabupaten Klaten dan dikenal sebagai Selokan Mataram (atau "Selokan Van Der Wijck"), sedangkan yang satunya mengalir di Kabupaten Kulonprogo menyururi lembah pegunungan Menoreh. Kali Progo bermuara di Pantai trisik, di pesisir selatan Jawa. Terdapat beberapa anak sungai yang mengalir ke Progo, seperti Kali Krasak (hulu di Gunung Merapi), Kali Elo, Kali Deres, Kali Kuas dan Kali Tinalah.
  • Sungai Serang
Kali Serang adalah nama sebuah sungai yang berada di Jawa Tengah. Hulu sungai ini berada di lereng gunung Merbabu di Kabupaten Boyolali dan bermuara di Laut Jawa yang tepatnya di Selatan Jepara. Pada aliran sungai ini juga terdapat Waduk Kedung Ombo yang teletak di Kemusu, Utara Pegunungan Kendeng. Sungai ini bertemu dengan Sungai Lusi di Penawangan Kabupaten Grobogan. Daerah aliran sungai ini melewati wilayah di Kabupaten Boyolali, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Demak dan Kabupaten Jepara. 
  • Sungai Serayu
Kali Serayu atau Sungai Serayu (dulu juga disebut Ci Serayu) adalah sungai di Jawa Tengah. Hulu sungai ini berada di Kabupaten Wonosobo (disebut Tuk Bima Lukar atau mata air Bima Lukar) dan bermuara di Cilacap. Anak sungai Serayu yang besar adalah Kali Klawing, yang berhulu di Gunung Slamet. Ada enam kabupaten yang tercakup daerah aliran sungai ini: Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Cilacap. Sungai Serayu juga dijadikan tema dalam lagu keroncong Di Tepinya Sungai Serayu. Sungai Senyu memiliki panjang sekitar 30 km dan lebar sekitar 12-25 m. Sungai ini berpusat di Daratan Tinggi Dieng.
  • Sungai Kebuyutan
Sungai kebuyutan (kabuyutan) adalah salah satu sungai yang melewati kecamatan Kersana, kabupaten Brebes. Aliran arusnya yang cukup deras serta tersedianya air saat musim kemarau, menjadikan sungai ini sangat penting terutama para petani dan pengrajin batubata. Sungai ini dikenal sebagai sungai pengrajin batubata oleh masyarakat sekitar, khususnya desa Cikandang, karena memang sebagian dari warga desa Cikandang menjadi pengrajin batubata. Sungai ini mempunyai hulu di Waduk Malahayu, melintasi daerah kecamatan Banjarharjo, Kersana dan Tanjung, bermuara di Laut Jawa tepatnya di desa Pengaradan.
  • Sungai Tuntang
Sungai Tuntang adalah sebuah sungai di propinsi Jawa Tengah, yang mengalir antara kota Semarang, ibu kota propinsi, dan Demak. Mata air Sungai Tuntang terletak di sebelah utara gunung Merbabu. Sungai Tuntang mengalir di sebelah selatan gunung Ungaran dan sebelah utara dan timur gunung Telomoyo. Air dari Rawa Pening mengalir ke Sungai Tuntang, yang menuju ke timur laut, kemudian ke barat laut dan akhirnya masuk Laut Jawa.
  • Kali Klawing
Kali Klawing atau Sungai Klawing adalah sungai yang berhulu di Gunung Slamet dan mengalir di sepanjang kabupaten Purbalingga hingga menyatu menjadi Kali Serayu di Kabupaten Banyumas. Sekarang ini Sungai Klawing termasuk sungai favorit untuk berlatih dan berwisata kayak
  • Kali Gede
Kali Gede adalah sungai utama yang dibendung untuk membangun Waduk Wadaslintang. Sungai ini memiliki beberapa anak sungai kecil yang saling mendukung. Kali ini melintasi beberapa desa di kecamatan Wadaslintang di antaranya adalah Desa Gumelar, Tirip, dan Penerusan. Beberapa sungai kecil yang mengalir ke sungai ini yaitu: Kali Sodong,  Kali Mangur , Kali Temanggung, Kali Gelo
  • Kali Gung
Kali Gung atau Kaligung atau disebut juga sebagai sungai Kaligung adalah sebuah sungai yang mengalir di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Sungai ini merupakan salah satu sungai terbesar di Tegal selain Kali Ketiwon dan Kali KemiriSungai ini dinamakan Kali Gung sebab bersinggungan dengan mata air yang berasal dari Gunung Agung yakni sebuah nama kuno dari Gunung Slamet pada masa pra Islam di Jawa. Hulu atau sumber mata air Kaligung berada di sebelah utara gunung Slamet dan bermuara hingga ke utara tepatnya di laut jawa. 
  • Bengawan Solo
Bengawan Solo adalah sungai terpanjang di Pulau Jawa, Indonesia dengan dua hulu sungai yaitu dari daerah Pegunungan Kidul, Wonogiri dan Ponorogo, selanjutnya bermuara di daerah Gresik. "Bengawan" dalam bahasa Jawa berarti "sungai yang besar". Di masa lalu, sungai ini pernah dinamakan Wuluyu, Wulayu, dan Semanggi

Nama-nama sungai yang lain di Jawa Tengah :
  • Kali Ampobendo
  • Kali Bendungan
  • Kali Bodri
  • Kali Dogleg
  • Kali Kedu Dua
  • Kali Dukuh
  • Kali Geritri
  • Kali Gondok
  • Kali Kapulogo
  • Kali Klampis
  • Kali Maron
  • Kali Pemali/ Kali Brebes
  • Kali Urang

Ditulis oleh: Tugino
Media Belajar Diperbarui pada: Saturday, October 06, 2012

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment