Daftar Nama Obyek Wisata di Jawa Tengah


Bagikan :




Daftar Nama Obyek Wisata di Jawa Tengah. Di Jawa Tengah banyak terdapat obyek wisata yang sangat menarik. Dari sekian banyak obyek wisata yang ada di jawa tengah, pada tulisan ini hanya akan menampilkan beberapa saja obyek wisata yang ada di Jawa Tengah. Obyek wisata yang akan dibahas dalam tulisan ini antara lain : puri, museum, candi, istana. Berikut ini beberapa obyek wisata yang ada di Jawa Tengah.

Puri Maerokoco (Taman Mini Jawa Tengah)
Puri Maerokoco: Taman Wisata Budaya Jawa Tengah adalah salah satu bagian taman dari kawasan PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Jawa Tengah yang terletak di komplek pengembangan kawasan baru di Semarang Barat yang terdiri pemukiman, perkantoran, perdagangan, olah raga, rekreasi dan pariwisata. Taman ini diwujudkan dengan pulau yang merupakan gambaran miniatur Jawa Tengah dibatasi oleh laut Jawa dan Samudra Indonesia dan lahan Jawa Barat serta Jawa Timur. Di luar miniatur ini terdapat jalan keliling lebar 6 m yang bisa dipakai untuk kereta mini dan sebagainya.


Museum
  • Museum Ronggowarsito
Museum Ronggowarsito adalah museum terlengkap di Kota Semarang.  Museum ini menampung berbagai koleksi alam, arkeologi, sejarah, hingga pembangunan saat ini terdokumentasi di dalam museum ini.  
  • Museum Mandala Bakti
Museum Mandala Bakti memiliki koleksi berbagai macam data dan senjata, serta peralatan perang yang cukup lengkap.
  • Museum Jamu Jago dan Muri
Di dalam museum jamu jago dan Muri ini anda bisa melihat berbagai macam koleksi foto dan alat pembuatan jamu tradisional, dan berbagai macam catatan rekor dan prestasi anak bangsa dari berbagai bidang.  
  • Museum Kereta Api Ambarawa
Di museum inilah, berbagai lokomotif buatan Belanda, Swiss dan Jerman, dikumpulkan.  
  • Museum Diponegoro
Di Museum inilah, merupakan kamar yang pernah digunakan oleh Pangeran Diponegoro pada jaman dahulu. Lokasinya di Pendopo Karesidenan Kedu. Dibangun tahun 1810 dan memiliki berbagai koleksi peninggalan Pangeran Diponegoro. Salah satu peninggalan berharganya adalah sebuah meja kursi untuk berunding, di mana salah satu sisinya terdapat bekas guratan kuku Pangeran Diponegoro saat berunding.
  • Museum Gula (Klaten)
Di Museum Gula ini terdapat sebuah pabrik gula yang dibangun pada tahun 1860. Anda bisa mengunjungi museum ini karena ada tour yang bisa anda nikmati naik lokomotif, melihat proses produksi gula. Tetapi tour ini hanya diselenggarakan hanya di bulan Mei hingga Agustus, karena pada bulan tersebut panen raya tebu dan produksi gula dilakukan.
  • Museum Kubah Sangiran (sragen)
Museum sangiran menjadi salah satu tujuan yang bisa anda kunjungi saat jalan-jalan ke Jawa Tengah. Terletak di kaki Gunung Lawu, 17 kilometer dari Kota Solo. Sangiran adalah nama daerah yang sering disebut dalam pelajaran sejarah yang saat sekolah kita pelajari, merupakan daerah ditemukannya fosil manusia purba.  
  • Museum RA Kartini (Jepara)
Jepara, kota asal Kartini. Terlahir sebagai anak seorang adipati, Kartini meninggalkan begitu banyak benda bersejarah yang kini semuanya dimuseumkan di dalam Museum Kartini. Belum lama berdiri (1975) museum ini sudah menyedot banyak perhatian pengujung.
  • Museum Tosan Aji (Purworejo)
Museum ini dikenal karena memiliki berbagai koleksi benda peninggalan pusaka seperti keris dan tombak dari jaman dahulu. Majapahit sebagai sebuah kerajaan yang sangat terkenal pada jamannya, tentu saja memiliki berbagai pusaka dan alat-alat yang bernilai sejarah tinggi untuk dipelajari. Tanggal 1 Syuro adalah tanggal yang ramai di Museum Tosan Aji, karena pada saat itulah dilakukan prosesi jamasan atau “pemandian” alat-alat sakti tersebut.

Candi
Daftar Nama Candi di Jawa Tengah Antara Lain:
 1. Kabupaten Magelang   
  • Candi Borobudur - Magelang, Candi Mendut - Magelang, Candi Pawon - Magelang, Candi Ngawen - MagelangCandi Asu - Magelang, Candi Lumbung - Magelang, Candi Canggal atau Candi Gunung Wukir - Magelang, Candi Selagriya - Magelang, Candi Losari - Magelang Candi Gunungsari - Magelang
 2. Kabupaten Klaten
  • Candi Bubrah - Prambanan, Candi Prambanan - Klaten, Candi Plaosan (Lor) - Klaten, Candi Plaosan Kidul - Klaten, Candi Sewu - Klaten, Candi Lumbung - Klaten, Candi Sojiwan - Klaten, Candi Karangnongko - Klaten, Candi Merak - Klaten
 3. Kabupaten Karanganyar
  •  Candi Sukuh - Karanganyar, Candi Cetho - Karanganyar, Candi Kethek - Karanganyar
 4. Kabupaten Semarang
  • Kompleks Candi Gedong Songo - Semarang, Kompleks Candi Pringapus - Bawen, Ungaran
 5. Kabupaten Banjarnegara
    1. Kompleks Candi Dieng - Banjarnegara
  • Candi Arjuna, Candi Puntadewa, Candi Bima, Candi Gatotkaca, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Dwarawati, Candi Sembadra
 6. Kabupaten Wonosobo
  • Candi Bogang - Wonosobo
 7. Kabupaten Temanggung
  • Candi Pringapus - Temanggung, Candi Gondosuli - Temanggung
 8. Kota Salatiga
  • Candi Dukuh - Salatiga
Keraton
Pura Mangkunegaran
Surakarta dipandang sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa, dimana di kota ini terdapat Keraton Kasunanan dan Pura Mangkunegaran.  Kasunanan Surakarta Hadiningrat adalah sebuah kerajaan di Jawa Tengah yang berdiri tahun 1755 sebagai hasil dari perjanjian Giyanti 13 Februari 1755. Perjanjian antara VOC dengan pihak-pihak yang bersengketa di Kesultanan Mataram, yaitu Sunan Pakubuwana III dan Pangeran Mangkubumi, menyepakati bahwa Kesultanan Mataram dibagi dalam dua wilayah kekuasaan yaitu Surakarta dan Yogyakarta. Mangkunegaran adalah suatu dinasti yang berasal dari dinasti Mataram. Cikal bakal dari dinasti ini adalah Pangeran Sambernyawa yang bertahta sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara I. Istana Mangkunegaran sebagai tempat raja dan pusat pengendalian kekuasaan politik didirikan setelah ditanda tanganinya Perjanjian Salatiga pada tanggal 17 Maret 1757 di Salatiga.

Bagian selatan Jawa Tengah juga menyimpan sejumlah obyek wisata alam menarik, di antaranya Goa Jatijajar dan Pantai Karangbolong di Kabupaten Kebumen, serta Baturraden di Kabupaten Banyumas. Di bagian utara terdapat Obyek Wisata Guci di lereng Gunung Slamet, Kabupaten Tegal; serta Kota Pekalongan yang dikenal dengan julukan 'kota batik'. Kawasan pantura barat banyak menyimpan wisata religius. Masjid Agung Demak yang didirikan pada abad ke-16 merupakan bangunan artistik dengan paduan arsitektur Islam dan Hindu. Demak adalah kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Kawasan pantura barat terdapat 3 makam wali sanga, yakni Sunan Kalijaga di Demak, Sunan Kudus di kota Kudus, dan Sunan Muria di Kabupaten Kudus.  

Ditulis oleh: Tugino
Media Belajar Diperbarui pada: Thursday, October 04, 2012

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment