Membaca Denah


Bagikan :




Membaca Denah. Denah adalah gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, gedung,ruang, dan sebagainya.Denah sama maknanya dengan peta. Dengan adanya denah akan memudahkan kita dalam menemukan suatu tempat. Dengan menggunakan denah, tempat atau lokasi tertentu yang akan kamukunjungi dapat dengan mudah kamu temukan. Denah akan mempermudahkamu menemukan tempat-tempat tertentu, tanpa harus banyak bertanyakepada orang lain yang kamu temui di jalan. Di samping itu, tidak semua orangyang akan kamu tanyai mengetahui tempat yang kamu maksud. Selain itu,pada saat-saat tertentu, kamu tidak dapat menemukan orang di jalan untuk ditanyai, misalnya pada waktu tengah malam. Dengan demikian kompetensidasar membaca denah sangat penting untuk kamu kuasai

Hal penting yang harus dikuasai dalam membaca denah adalah pemahaman tentang arah mata angin. Arah utara dalam denah adalah mengarah ke atas, arah timur kekanan, arah selatan ke bawah, dan arah baratke kiri. Perhatikan arah mata angin di samping !

Suatu ketika, kamu diberi tugas untuk mengantarkan surat ke Kantor Polisi di daerahmu. Padahal, kamu belum mengetahui letak kantor tersebut. Kamu hanya dibekali denah letak kantor Polisi seperti berikut ini. Perhatikan dengan cermat denah ini!

Berdasarkan denah di atas, Hal itu perlu dicermati agar perjalanan menuju ke tempat tujuan dapat berjalan dengan lancar. Di samping itu, sekali lagi kamu harus betul-betul memahami letak arah mata angin dalam peta sehingga kamu dapat mencari lokasi yang dituju dalam kenyataan sebenarnya tanpa kesulitan. Untuk dapat sampai ke Kantor Polisi dari SDN 1 Kranji berjalan ke arah utara, sampai dipertigaan Jalan Ahmad Yani dan Jalan Jenderal Gatot Subroto belok ke kiri berjalan lurus ke timur.


Menjelaskan Denah
Dari denah di atas dapat dijelaskan letak masing-masing tempat yang ada dalam denah. Letak masing-masing tempat adalah sebagai berikut :
  • Rumah Adit berada di sebelah selatan Kantor Polisi dan sebelah barat Rumah Sakit Umum Daerah;
  • Pasar Wage berada di sebelah barat lapangan dan di sebelah utara Kantor Polisi.
  • Bank BRI berada di sebelah utara SDN 1 Kranji dan di sebelah timur lapangan
  • SDN 1 Kranji berada di sebelah selatan Bank BRI dan sebelah timur Rumah Sakit Umum Daerah;
  • Kantor Polisi berada di sebelah utara rumah Adit, di sebelah selatan Pasar Wage, dan di sebelah barat Rumah Skait Umum Daerah;
  • Lapangan berada di sebelah timur Pasar Wage, di sebelah utara Rumah Sakit Umum Daerah, dan di sebelah barat Bank BRI;
  • Rumah Sakit Umum Daerah berada di sebelah barat SDN 1 Kranji, di sebelah selatan Lapangan, disebelah timur rumah Adit dan Kantor Polisi.

    Ditulis oleh: Tugino
    Media Belajar Diperbarui pada: Friday, September 28, 2012

    0 comments:

    Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

    Post a Comment