Laporan Hasil Pengamatan


Bagikan :




Laporan Hasil Pengamatan. Laporan adalah keterangan atau informasi yang dikumpulkan, diolah, dan disajikan secara tertulis. laporan dibagi menjadi 5 jenis yaitu laporan diskusi, laporan kegiatan, laporan peristiwa, laporan penelitian, dan laporan perjalanan. kegunaan laporan adalah untuk mengatasi suatu masalah, untuk mengambil keputusan yang efektif, untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan masalah, untuk menemukan teknik-tekni baru dan mengadakan pengawasan serta perbaikan. Laporan dapat ditulis dalam bentuk deskripsi, narasi dan eksposisi. Saat membaca laporan hasil pengamatan, kamu harus memperhatikan beberapa hal, yaitu:

1. Tempat Pengamatan
2. Waktu Pengamatan
3. Objek yang diamati
4. Orang yang mengamati
5.  Hasil Pengamatan

Menulis Laporan
Laporan disajikan dengan kerangka sebagai berikut :
  • Pendahuluan berisi latar belakang sebuah kegiatan dilaksanakan
  • Isi laporan berisi rincian kegiatan yang dilakukan beserta hasilnya. Kegiatan yang dilaporkan lengkap dengan nama, tempat, waktu, dan nama orang yang terlibat dalam kegiatan
Laporan diakhiri dengan identitas pembuat laporan. Topik laporan adalah pokok yang dibicarakan dalam laporan.  

Menentukan Isi Laporan
Perhatikan contoh laporan di bawa ini :

Dalam rangka memperingati hari Pramuka SD Maju Jaya melakukan kegiatan Persami. Kegiatan Persami di selenggarakan pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2011. Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan dengan berbagai lomba, seperti mendirikan tenda, lomba baris-berbaris, lomba semapur, morse, api unggun, dan menjelajah alam.

Isi dari laporan di atas adalah :
Isi laporan merupakan keseluruhan yang dibahas dalam laporan. Laporan tersebut membahas kegiatan Persami SD Maju Jaya dalam rangka memperingati hari Pramuka. Jadi isi laporan tersebut adalah peringatan hari Pramuka di SD Suka Maju.

Memperbaiki Laporan
Laporan yang baik menggunakan bahasa yang tidak berbelit-belit, efektif, dan struktur kalimat yang tepat. Dengan demikian para pembaca mengetahui isi laporan. Struktur kalimat dalam laporan yang salah harus diperbaiki. Memperbaiki kalimat dalam laporan merupakan kegiatan menyunting. Dengan kata lain menyunting adalah kegiatan memeriksa dan memperbaiki naskah laporan.

Menyunting laporan dapat dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut :
  • Ketepatan penulisan huruf, kata, lambang bilangan, serta ketepatan penggunaan tanda baca.
  • Ketepatan penggunaan kata-kata untuk mengungkapkan maksud sesuai situasi dan kondisi.
  • Keefektifan kalimat untuk mewakili gagasan atau perasaan penulis yang ingin disampaikan kepada pembaca.
  • Struktur kalimat yang baik harus mengandung S-P.
  • Adanya keterpaduan paragraf.
Dari contoh laporan di atas maka dapat kita lakukan perbaikan pada kalimat “Kegiatan Persami di selenggarakan pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2011″  menjadi “Kegiatan Persami diselenggarakan pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2011″ ( Penulisan diselenggarakan tidak dipisah karena bukan kata depan).

Menyunting laporan harus memperhatikan keterpaduan paragraf. Laporan yang belum lengkap atau rumpang dapat kita lengkapi dengan paragraf atau kalimat yang sesuai. Contoh :
Tempat Pengamatan
Tujuan Pengamatan
Waktu pengamatan
Pukul
Hasil pengamatan      :…………..
Untuk melengkapi hasil pengamatan di atas dapat kita lengkapi dengan kegiatan-kegiatan yang terjadi di Pasar Demangan, misalnya. Pasar Demangan sangat ramai. Banyak penjual dan pembeli berdatangan. Di Pasar Demangan terdapat berbagai macam kebutuhan rumah tangga dan sembako..

Ditulis oleh: Tugino
Media Belajar Diperbarui pada: Sunday, September 16, 2012

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment