Daftar Nama Pakaian Adat di Indonesia


Bagikan :




Daftar Nama Pakaian Adat di Indonesia. Hampir semua daerah di Indonesia mempunyai pakaian adat sendiri. Warna dan rancangan pakaiannya sangat indah. Pakaian khas tersebut selain indah juga mempunyai arti tertentu. Untuk saat ini pakaian adat banyak yang tidak dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya pakaian adat digunakan saat upacara adat, upacara perkawinan dan saat memperagakan tarian atau pertunjukan daerah. Berikut ini beberapa nama pakaian adat di Indonesia.

Pakaian Adat Sumatera Barat
Limpapeh Rumah Nan Gadang, Lambang kebesaran wanita Minangkabau disebut “Limpapeh Rumah nan gadang”. Limpapeh artinya tiang tengah pada sebuah bangunan dan tempat memusatkan segala kekuatan tiang-tiang lainnya. Apabila tiang tengah ini ambruk maka tiang-tiang lainnya ikut jatuh berantakan. Dengan kata lain perempuan di Minangkabau merupakan tiang kokoh dalam rumah tangga. Pakaian Limpapeh Rumah Nan Gadang tidak sama ditiap-tiap nagari .

Pakaian Penghulu.  Pakaian adat pria Suku Minang disebut pakaian Penghulu. Pakaian Penghulu merupakan pakaian kebesaran dalam adat Minangkabau dan tidak semua orang dapat memakainya.   

Pakaian Adat Betawi
Pakaian Pengantin Laki-laki, Pakaian pengantin laki-laki Betawi banyak dipengaruhi oleh berbagai adat, antara lain adat Arab, Cina, Melayu, Barat. Pakaian adat Betawi yang dipergunakan pada pernikahan adat Betawi laki-laki disebut Dandanan Care Haji. Pakaian pengantin laki-laki ini meliputi jubah dan tutup kepala. Jubah terbuat dari bahan beludru berwarna cerah. Jubah bagian dalamnya terbuat dari kain berwarna putih yang halus. Sedangkan tutup kepala terbuat dari sorban yang disebut alpie. Sebagai pelengkap digunakan selendang yang bermotif benang emas atau manik-manik yang warnanya cerah. Agar serasi pengantin laki-laki pernikahan adat Betawi menggunakan sepatu pantopel.

Pakaian Pangantin Perempuan, Pengantin perempuan dalam pernikahan adat Betawi mempergunakan pakaian adat Betawi yang Rias besar Dandanan Care None Pengantin Cine. Baju yang dikenakan blus bergaya cina berbahan satin yang berwarna cerah. Bawahannya menggunakan rok yang disebut kun yang berwarna gelap dengan model duyung. Warna yang sering digunakan adalah hitam atau merah hati.

Sebagai pelengkap bagian kepala dikenakan kembang goyang bermotif  burung hong dengan sanggul palsu, dilengkapai cadar di bagian wajah. Pada bagian sanggul dihiasi juga dengan bunga melati yang disebut roonje dan sisir. Perhiasan lain yang digunakan kalung lebar, gelang listring, dan hiasan teratai manik-manik dikalungkan dibagian dada, serta selop dengan model perahu sebagai alas kaki.

Pakaian Adat Maluku
Baju cele ini bermotif garis - garis geometris/berkotak kotak kecil. Baju cele in biasanya dikombinasikan dengan kain sarung yang warnanya tidak terlalu jauh berbeda, harusseimbang dan serasi.Baju cele ini dipakai juga dalam upacara-upacara adat(acara pelantikan raja, acara cuci negeri, acara pesta negeri, acara panas pela dll.) dan di kombinasi dengan kain yang pelekat yang disalele yaitu disarung dari luar dilapisi sampai batas lutut dan dipakai lenso (sapu tangan yang diletakan di pundak). Pakaian ini dipakai tanpa pengalas kaki atau boleh juga pakai selop. Konde/sanggul yaitu konde bulan yang diperkuat lagi dengan tusukan konde yang disebut haspel yang terbuat dari emas atau perak.

Berikut ini gambar pakaian adat di Indonesia

Pakaian Adat Indonesia

Ditulis oleh: Tugino
Media Belajar Diperbarui pada: Saturday, September 08, 2012

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment