Daftar Nama Delta di Indonesia


Bagikan :




Daftar Nama Delta di Indonesia. Delta adalah bentuk daratan yang terbentuk di mulut sebuah sungai di mana sungai yang mengalir ke samudra, laut, muara, danau, waduk, daerah gersang, atau sungai. Delta terbentuk dari pengendapan sedimen yang dibawa oleh sungai sebagai aliran yang berasal dari muara sungai. Selama jangka waktu yang lama, deposisi ini membangun pola geografis karakteristik delta sungai. Sebuah Delta biasanya berbentuk segitiga yang terdapat di muara sungai. Delta sungai disebut juga Kuala. Berikut ini beberapa nama delta di Indonesia. 

Delta Sungai Brantas (Jawa Timur)
Delta Brantas adalah sebuah delta akibat pecahan dua Sungai Brantas, yaitu Kali Mas dan Kali Porong. Secara administratif, Delta Brantas merupakan wilayah Kabupaten Sidoarjo dan sebagian Kota Surabaya. Karena seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo berada di kawasan Delta Brantas, Sidoarjo juga dikenal dengan sebutan Kota Delta.

Delta Sungai Mahakam(Kalimantan)

Delta Mahakam merupakan suatu kawasan delta yang terdiri dari beberapa pulau yang terbentuk akibat adanya endapan di muara Sungai Mahakam dengan Selat Makassar, Kalimantan Timur. Jika dilihat dari angkasa, kawasan delta ini berbentuk menyerupai bentuk kipas. Kawasan Delta Mahakam memiliki luas sekitar 150.000 ha (termasuk wilayah perairan). Namun jika dihitung luas wilayah daratan saja, luas kawasan ini mencapai kurang lebih 100.000 ha. Secara administratif, kawasan Delta Mahakam berada dalam wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, tepatnya berada di Kecamatan Anggana, Muara Jawa, dan Sanga-Sanga.

Delta Memberamo (Papua)
Delta Mamberamo merupakan hasil dari sebuah fenomena alam yang diperkirakan berukuran 950.000 hektar yang menutupi 12% cekungan Mamberamo. Daerah tersebut tidak diragukan lagi sebab daerah tersebut kaya akan sumber daya alam dan lingkungan yang potensial untuk dikembangkan sebagai pusat kegiatan perekonomian khususnya di Provinsi Papua dan Indonesia pada umumnya.

Delta Bengawan Solo
Delta Pangkah merupakan salah satu hasil modifikasi sungai Bengawan Solo di bagian hilir. Salah satu tujuan dimodifikasinya bagian hilir dari Bengawan Solo ini adalah untuk mengindari pendangkalan di selat Madura. Endapan di delta ini dibawa oleh aliran Bengawan Solo dari ujung hingga hilir. Delta buatan yang merupakan hasil rekayasa yang berada di sebelah utara kota Gresik.  

Delta Sungai Musi
Delta sungai musi membentuk sebuah segitiga ketika dilihat dari atas. Bagian tepi luar delta ini tererosi, dan salinitas beberapa laguna telah meningkat karena bertambahnya saluran sungai di selat Bangka. Material-material sedimen yang di bawah oleh sungai musi akan diendapkan di muara sungai.

Ditulis oleh: Tugino
Media Belajar Diperbarui pada: Monday, September 03, 2012

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment