Satuan Berat


Bagikan :




Satuan berat. Dalam kehidupan sehari-hari penggunaan satuan berat seperti ketika kita melakukan pemeriksaan kesehatan di sekolah atau di tempat-tempat pemeriksaan kesehatan yang lain. Pada saat pemeriksaan kesehatan tersebut, salah satu hal yang dilakukan adalah pengukuran berat badan. Penggunaan satuan berat juga untuk menentukan berat suatu benda atau bahan-bahan kebutuhan sehari-hari ketika mereka berbelanja di toko, misalnya berat buah dan lain-lain. 

Sifat-sifat dari suatu benda atau kejadian yang kita ukur dan dapat dinyatakan dengan angka. Hal itulah yang dinamakan dengan besaran. Misalnya satuan berat. Sedangkan satuan adalah segala sesuatu yang menunjukkan banyaknya hasil pengukuran yang diperoleh. Misalnya satuan berat adalah : ton, kwintal, kilogram, pon, ons, dan gram. 

Alat yang digunakan untuk mengukur berat yang bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah timbangan, baik timbangan badan maupun timbangan barang. Timbangan duduk adalah alat ukur berat yang sederhana, biasanya satuan kg, untuk penggunaan sehari-hari. Timbangan pasar adalah alat ukur berat yang sederhana juga, biasanya untuk menimbang benda dengan berat yang lebih kecil daripada timbangan duduk. Timbangan gantung adalah alat ukur berat dengan satuan kg, benda yg ditimbang biasanya digantung pada alat tersebut, misal dipakai di posyandu utk menimbang berat badan balita. Neraca analitis adalah alat ukur berat dengan tingkat ketelitian tinggi, biasanya untuk penggunaan di lab oratorium analisa, bisa beberapa desimal di belakang koma dengan satuan gram atau miligram.

Hubungan antar satuan berat adalah sebagai berikut : 1 ton = 1000 kg, 1 ton = 10 kwintal, 1 kwintal = 100 kg, 1 kg = 2 pon, 1 pon = 5 ons, 1 kg = 10 ons atau 2 pon, 1 ons = 100 gram.

Ditulis oleh: Tugino
Media Belajar Diperbarui pada: Friday, August 31, 2012

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment