Daftar Pegunungan Di Indonesia


Bagikan :




Gunung adalah daratan yang menjulang tinggi.Dari definisi di atas dapat diartikan bahwa gunung adalah daratan yang memiliki ketinggian di atas 500 sedangkan pegunungan adalah bentang alam yang terjadi karena proses struktural. Definisi gunung dilihat dari ketinggiannya sedangkan pegunungan dilihat dari proses yang membentuknya. Ada beberapa pegunungan yang ada di Indonesia. Diantaranya adalah pegunungan bukit barisan di pulau Sumatera, pegunungan Kapur Utara, pegunungan kendeng, pegunungan sewu di pulau Jawa, pegunungan foja, pegunungan Jayawijaya, dan pegunungan Maoke di pulau Papua. Berikut ini adalah pegunungan yang terdapat di Indonesia.

1. Pegunungan Bukit Barisan
Pegunungan Bukit Barisan adalah jajaran gunung yang membentang dari ujung utara (Aceh) sampai ujung selatan (Lampung) pulau Sumatra, memiliki panjang lebih kurang 1650 km.Rangkaian pegunungan ini mempunyai puncak tertinggi Gunung Kerinci yang berlokasi di Jambi, berketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut. Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Pulau Sumatera dan merupakan gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia dengan puncak Indrapura sebagai puncak tertinggi kedua di Indonesia setelah puncak Jayawijawa. Gunung kerinci merupakan gunung berapi bertipe stratovolcano yang masih aktif dan terakhir kali meletus pada tahun 2009. Pegunungan Bukit Barisan terletak dekat pertemuan antara pelat tektonik Eurasia dan Australia.

2. Pegunungan Kapur Utara
Pegunungan Kapur Utara adalah salah satu pegunungan kapur yang membentang di pesisir utara Pulau Jawa mulai dari Kabupaten Pati Jawa Tengah hingga Lamongan (Jawa Timur). Oleh sebagian orang disebut juga sebagai Pegunungan Kendeng Utara, karena letaknya yang sejajar dengan Pegunungan Kendeng yang membujur di sebelah selatannya. Juga ada yang menyebutnya sebagai Pegunungan Serayu Utara.


Wilayahnya memanjang dari barat ke timur yang meliputi Kabupaten Pati bagian selatan, Kabupaten Grobogan bagian utara, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora, Kabupaten Tuban, Kabupaten Bojonegoro bagian utara dan Kabupaten Lamongan bagian barat. Lebar rangkaian pegunungan ini sekitar 30-50 km dengan ketinggian kurang dari 800 meter dari permukaan laut.

Pegunungan Kapur Utara merupakan kawasan batu gamping atau daerah karst. Daerah ini identik dengan fenomena alam yang kurang akan air di permukaan akibat sifat batuan kapur yang sangat mudah meloloskan air. Meskipun dipermukaan cenderung kering dengan dipenuhi banyaknya batu karang dan tebing.


3. Pegunungan Kendeng
Pegunungan Kendeng adalah pegunungan kapur yang membentang di bagian utara Pulau Jawa, dari Kabupaten Grobogan (sebelah timur Kota Semarang) Jawa Tengah, hingga bagian utara Kabupaten Jombang Jawa Timur. Pegunungan ini tidak begitu terjal, dengan ketinggian kurang dari 1000 meter dpl. Pegunungan ini, oleh sebagian pihak juga disebut sebagai Pegunungan Serayu Selatan, karena letaknya yang sejajar dengan Pegunungan Kapur Utara yang disebut juga Pegunungan Serayu Utara.Nama lainnya adalah Pegunungan Kapur Tengah.

4. Pegunungan Sewu
Pegunungan Sewu adalah nama untuk deretan pegunungan yang terbentang memanjang di sepanjang pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah), hingga Kabupaten Tulungagung (Jawa Timur) di Pulau Jawa. Deretan pegunungan Sewu terbentuk karena pengangkatan dasar laut ribuan tahun silam. Batuan kapur menjadi ciri khas pegunungan ini.

5. Pegunungan Foja
Pegunungan Foja, atau Mamberamo-Pegunungan Foja, adalah rangkaian gunung yang terletak di sebelah utara Sungai Mamberamo di kawasan Papua, Indonesia. Titik tertingginya ialah 2.193 m. Pegunungan ini merupakan bagian dari daerah aliran sungai Mamberamo yang memasok air bersih di seluruh kawasan Papua bagian utara. Sebuah suaka margasatwa seluas 1.442.500 hektare berada di pegunungan ini.


5. Pegunungan Jayawijaya
Pegunungan Jayawijaya adalah nama untuk deretan pegunungan yang terbentang memanjang di tengah provinsi Papua Barat dan Papua (Indonesia) hingga Papua Newguinea di Pulau Irian. Sebelum penyatuan Papua Barat ke Indonesia, pegunungan ini dikenal dengan nama Pegunungan Orange. Deretan Pegunungan yang mempunyai beberapa puncak tertinggi di Indonesia ini terbentuk karena pengangkatan dasar laut ribuan tahun silam. Meski berada di ketinggian 4.800 mdpl, fosil kerang laut, misalnya, dapat dilihat pada batuan gamping dan klastik yang terdapat di Pegunungan Jayawijaya. Karena itu, selain menjadi surganya para pendaki, Pegunungan Jayawijaya juga menjadi surganya para peneliti geologi dunia.

Pegunungan Jayawijaya juga merupakan satu-satunya pegunungan dan gunung di Indonesia yang memiliki puncak yang tertutup oleh salju abadi. Meskipun tidak seluruh puncak dari gugusan Pegunungan Jayawijaya yang memiliki salju. Salju yang dimiliki oleh beberapa puncak bahkan saat ini sudah hilang karena perubahan cuaca secara global.


6. Pegunungan Maoke
Pegunungan Maoke adalah rangkaian pegunungan di Provinsi Papua. Pegunungan ini membelah Papua dari barat ke timur menjadi dua pada bagian tengah. Pegunungan ini merupakan bagian dari sistem pegunungan yang membentang di Pulau Nugini, dari timur ke barat. Sungai Lorentz, Sungai Baliem, dan Sungai Digul mengalir di sisi selatan. Puncak Jaya, gunung tertinggi di Indonesia, menjulang 5.030 meter di pegunungan ini. Puncak lain di pegunungan ini termasuk Puncak Mandala (4.760 m) dan Puncak Trikora (4.750 m).

Ditulis oleh: Tugino
Media Belajar Diperbarui pada: Friday, August 24, 2012

1 comments:

"gunung, sawah, lautan, simpanan kekayaan" Ibu pertiwi.
http://duniawisataku.com/ mari masuk kemari!

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment