Daftar Nama Pantai di Indonesia


Bagikan :




Pantai adalah sebuah bentuk geografis yang terdiri dari pasir, dan terdapat di daerah pesisir laut. Daerah pantai menjadi batas antara daratan dan perairan laut. Panjang garis pantai ini diukur mengeliling seluruh pantai yang merupakan daerah teritorial suatu negara. Menurut koreksi PBB tahun 2008, Indonesia merupakan negara berpantai terpanjang keempat di dunia setelah Amerika Serikat (AS), Kanada dan Rusia. Panjang garis pantai Indonesia tercatat sebesar 95.181 km. Pantai menjadi tempat rekreasi dan pariwisata.di Indonesia terdapat banyak sekali Pantai landai yang menjadi tujuan wissata. Banyak turis domestik dan turis mancanegara datang dan berekreasi dipantai. Berikut ini adalah daftar nama beberapa pantai di Indonesia.

1. Pantai Kuta-(bali)
Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali, Indonesia. Kuta terletak di Kabupaten Badung. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara, dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal 70-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur.

Di Pantai Kuta terdapat banyak pertokoan, restoran dan tempat permandian serta menjemur diri. Selain keindahan pantainya, pantai Kuta juga menawarkan berbagai macam jenis hiburan lain misalnya bar dan restoran di sepanjang pantai menuju pantai Legian. Rosovivo, Ocean Beach Club, Kamasutra, adalah beberapa club paling ramai di sepanjang pantai Kuta. Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup bagus untuk olahraga selancar (surfing), terutama bagi peselancar pemula. Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta.

2. Pantai Sengigi-(NTB)
Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan snorkling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis.

3 Pantai Losari-Sulawesi Selatan
Pantai Losari adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah barat kota Makassar. Pantai ini menjadi tempat bagi warga Makassar untuk menghabiskan waktu pada pagi, sore dan malam hari menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah. Dahulu, pantai ini dikenal dengan pusat makanan laut dan ikan bakar di malam hari (karena para penjual dan pedagang hanya beroperasi pada malam hari), serta disebut-sebut sebagai warung terpanjang di dunia (karena warung-warung tenda berjejer di sepanjang pantai yang panjangnya kurang lebih satu kilometer).

Salah satu penganan khas Makassar yang dijajak di warung-warung tenda itu adalah pisang epe (pisang mentah yang dibakar, kemudian dibuat pipih, dan dicampur dengan air gula merah. Paling enak dimakan saat masih hangat). Pada sore hari, semua orang bisa menikmati proses atau detik-detik tenggelamnya matahari sunset.

4. Pantai Nirwna-Sulawesi Tenggara
Pantai Nirwana sebuah kawasan obyek wisata bahari yang terletak di bibir pantai barat Kota Bau-Bau yang dengan kekayaan dan keunikannya sebagai satu pantai yang memiliki berbagai keunggulan dalam dunia wisata bahari. Lokasi wisata alam pantai Nirwana yang berada di kelurahan Sula kecamatan Betoambari Kota Bau-Bau selain memiliki panorama alam yang indah juga dapat dimanfaatkan untuk ajang olah raga diving dan therapy untuk penyembuhan beberapa jenis penyakit.

Jika selama ini, warga Kota Bau-Bau hanya memanfaatkan lokasi Pantai Nirwana sebagai lokasi rekreasi dengan keindahan nyiur dan hamparan pasir putih sepanjang sekitar setengah kilometer kini warga juga dapat melakukan kegiatan penyelaman (Diving).

5. Pantai Carita-Banten
Pantai Carita adalah sebuah pantai di pesisir barat provinsi Banten, Indonesia.  Pantai Carita merupakan objek wisata yang terletak di Kabupaten Pandeglang dan telah ditetapkan berdasarkan SK Menteri Pertanian No.440/kpts/UM/1978 pada tanggal 15 Juli 1978 sebagai Taman Wisata Alam. Pantai ini terkenal dengan pasir pantainya yang putih sehingga membuat kawasan ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai Carita kaya akan sumber daya alamnya. Hamparan tepian yang amat landai dengan ombak laut yang kecil dan lembut menyapu di sepanjang pantai, dipadu dengan pemandangan Gunung Krakatau.

6. Pantai Pelabuhan Ratu - Jawa Barat
Pantai Palabuhanratu, atau lebih populer sebagai Pantai Pelabuhan Ratu, adalah sebuah tempat wisata di pesisir Samudra Hindia di selatan Jawa Barat. Lokasinya terletak sekitar 60 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi. Pantai ini dikenal memiliki ombak yang sangat kuat dan karena itu berbahaya bagi perenang pantai. Topografinya berupa perpaduan antara pantai yang curam dan landai, tebing karang terjal, hempasan ombak, dan hutan cagar alam.

Karena tempat ini mempunyai daya tarik sendiri, Presiden Soekarno mendirikan tempat peristirahatannya pada tahun 1960 di Tenjo Resmi. Selain itu, atas inisiatif Soekarno pula didirikanlah Samudera Beach Hotel, salah satu hotel mewah pertama yang dibangun di Indonesia pada kurun waktu yang sama dengan Hotel Indonesia, Bali Beach Hotel, dan Toko Serba Ada "Sarinah", yang kesemuanya menggunakan dana pampasan perang dari Jepang.

7. Pantai Parangtritis-Yogyakarta
Parangtritis adalah desa di kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Di desa ini terdapat pantai Samudra Hindia yang terletak kurang lebih 25 kilometer sebelah selatan kota Yogyakarta. Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir yang tinngi di sekitar pantai, gunung pasir tersebut biasa disebut gumuk. Air panas dari parang wedang dialirkan ke pantai parangtritis untuk bilas setelah bermain pasir dan juga mengairi kolam kecil bermain anak-anak.

Lokasi lain adalah Pantai Parangkusumo yang di pantai tersebut terdapat tempat konon untuk pertemuan antara raja Yogyakarta dengan Nyi Roro Kidul. Pada hari-hari tertentu (biasa bulan suro) di sini dilakukan persembahan sesajian (labuhan) bagi Ratu Laut Selatan atau dalam bahasa Jawa. Penduduk setempat percaya bahwa seseorang dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau muda jika berada di pantai ini. Pantai Parangtritis menjadi tempat kunjungan utama wisatawan terutama pada malam tahun baru Jawa (1 muharram/Suro).

8. Pantai Lasiana-NTT
Pantai Lasiana Terletak di Nusa Tenggara Timur, tepatnya 12 km dari kota kupang. Ini adalah beberapa foto-foto keindahan pantai lasiana, gambar di bawah ini bisa menjelaskan bahwa indonesia memiliki banyak sekali pantai yang berpotensi menjadi daerah tujuan wisata, asalkan dikelola dengan baik. Di Pantai Lasiana ini, pengunjung bisa berenang dan mandi di tepi pantai atau hanya sekedar berjemur dan bermain bola. Ada juga makanan yang bisa mengganjal perut anda seperti jagung bakar, pisang epe dan minum es kelapa muda.

Di pesisir pantai juga terdapat pondok atau masyarakat setempat menyebutnya lopo-lopo. Lopo-lopo adlah pondok yang dibangun dengan tiang batang pohon kelapa atau kayu dan menggunakan ijuk sebagai atap, lontar dan alang-alang.Pantai lasiana berpasir putih halus, airnya jernih dan biru dengan debur ombak yang bergulung-gulung kecil dan tenang. pada bagian barat terdapat perbukitan, sehingga keseluruhan kawasan ini mempunyai variasi unik, yaitu perpaduan antara perbukitan dan pantai.

9. Pantai Air Manis-Sumatera Barat
Pantai Air Manis memiliki pasir yang berwarna coklat keputih-putihan yang terhampar luas dan landai di sepanjang bibir pantai. Oleh  karenanya, pantai ini sangat cocok untuk tempat piknik, bermain ombak, surfing dan camping. Di Pantai Air Manis, juga terdapat prasasti “si  anak durhaka Malin Kundang”. Prasasti tersebut berupa batu dari puing-puing bekas kapal dan jasad si Malin Kundang. Ketika ombak menghempas batu tersebut, terdengar suara gemercik air yang membahana seperti suara ratapan dan tangisan. Para wisatawan juga bisa menyaksikan dari dekat Batu Malin Kundang yang melegenda tersebut.

Tidak jauh dari bibir pantai, nampak sebuah pulau yang berdiri dengan anggunnya sehingga menarik untuk dikunjungi. Pulau ini dikenal dengan Pulau Pisang Kecil. Pulau ini terlihat seperti dua buah pulau yang terpisah walaupun sebenarnya tergabung menjadi satu. Jika berkunjung ke Pulau Pisang Kecil itu, wisatawan akan menjumpai banyak monyet yang berkeliaran. Meski tidak  jinak, monyet tersebut tidak mengganggu para wisatawan.

10. Pantai Korem-Papua
Walau tidak seputih Pantai Warsa dan Pantai Weri, pasir di Pantai Korem sungguh halus. Berwarna kuning kecoklatan, akhirnya pasir di pantai ini malah ditambang oleh warga sekitar untuk dijadikan pasir bangunan. Padahal, pantai yang terletak di utara Biak ini tadinya tempat yang sepi karena agak jauh dari jalan raya di utara Biak. Walau kini kondisinya cukup memprihatinkan, selain berubang karena ditambang juga sampah yang mudah dilihat mata, berenang di airnya sungguh mengasyikan. Terumbu karangnya masih cukup banyak dan sehat, mungkin karena tidak terpapar langsung oleh dahsyatnya ombak Samudra Pasifik.

11. Pantai Cermin-Sumatera Utara
Pantai Cermin juga merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Sergai dengan pemandangan dan pantainya yang indah. Setiap musim liburan datang, pasti ramai didatangi oleh wisatawan. Kebanyakan dari wisatawan lokal, dan membawa anak-anak untuk bermain di pantai yang berpasir putih nan elok. Pantai Cermin memang asik untuk liburan wisata keluarga yang murah meriah bagi masyarakat Medan Sumatera Utara.

Kita dapat menikmati wisata pantai Cermin, dari pintu masuk anda akan disambut dengan hamparan pasir putih dan angin pantai yang bertiup kencang. Pantai Cermin,Serdang Berdagai bisa ditempuh selama 1,5 jam dari Bandara Polonia Medan Sumatera Utara. Bandara Polonia adalah bandar udara internasional yang ada di kota Medan Sumatera Utara.

12. Pantai Kasih-Nangroe Aceh Darussalam
Pantai Kasih merupakan objek wisata di pulau Weh, hanya 2 km dari Sabang, Aceh, Indonesia. Pantai Kasih adalah pantai berbatu dengan pohon-pohon palem di sepanjang semenanjung. Di sini akan terlihat oleh hamparan laut yang luas dengan keindahan, lalu lintas matahari terbenam kapal barang atau kapal nelayan.

Angin laut yang sejuk yang datang dengan pohon-pohon yang indah dan pasir putih yang membuat pantai ini sangat cocok untuk orang-orang yang ingin bersantai. Pantai ini dekat dengan pemukiman, membuat Pantai Kasih biasanya ramai pada sore hari. Penduduk setempat menikmati malam untuk berjalan-jalan di pantai. Di Pantai Kasih ada juga beberapa benteng di mana senjata berat seperti meriam, peninggalan Perang Dunia II. Ada juga area wisata kuliner, yang menyediakan masakan lokal.

13. Pantai Ancol-Jakarta
Pantai yang memiliki panjang 500m ini memiliki karakteristik pemandangan laut lepas dan merupakan sarana memancing bagi Anda yang mempunyai hobby memancing. Dilindungi oleh tanggul dan dibuatkan jogging track membuat pantai ini juga bisa digunakan untuk berolah raga.

Pantai yang memiliki lebar daratan 150m ini juga menyajikan fasilitas kuliner dengan cita rasa pantai yang kental, seperti restoran dengan menu makanan laut, cafe-cafe. Pengunjung akan dimanajakan dengan suasana pantai yang indah dan eksotis untuk dinikmati sepuasnya.

Ditulis oleh: Tugino
Media Belajar Diperbarui pada: Sunday, August 26, 2012

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment