Bagian Bagian Tumbuhan


Bagikan :






Tumbuhan termasuk dalam makhluk hidup, karena tumbuhan dapat tumbuh  dan berkembang. Seperti halnya makhluk hidup lain, tumbuhan juga memiliki bagian-bagian yang penting. Bagian-bagian tersebut  memiliki fungsi masing-masing dalam proses  kehidupannya. Bagian-bagian tersebut antara  lain akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Berikut ini penjelasan mengenai bagian-bagian dari tumbuhan :

Akar
Akar merupan bagian tumbuhan yang arah tumbuhnya ke dalam tanah. Oleh karena itu, umumnya akar berada di dalam tanah. Akar biasanya berwarna keputih-putihan atau kekuning-kuningan. Bentuk akar sebagian besar meruncing pada ujungnya. Bentuk runcing memudahkan akar menembus tanah. Secara umum, akar memiliki beberapa bagian utama. Bagian-bagian tersebut adalah inti akar, rambut akar, dan tudung akar.

1. Struktur Akar
Akar pada umumnya, terletak didalam tanah. Warna akar tidak hijau, biasanya keputih-putihan atau kekuning-kuningan. Bentuk akar sebagian besar meruncing pada ujungnya. Bentuk yang runcing memudahkan akar menembus tanah. Akar terdiri dari beberapa bagian, diantaranya rambut akar (bulu akar) dan tudung akar. Rambur akar merupakan jalan masuk air dan zat hara dari tanah ke tumbuhan. Tudung akar berfungsi melindungi akar saat menembus tanah.

Ada dua jenis akar, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut berbentuk seperti serabut. Bagian ujung dan pangkal akar berukuran hampir sama besar. Semua bagian akar keluar dari pangkal batang. Akar serabut juga bercabang-cabang. Akan tetapi, ukuran percabangannya tidak terlalu berbeda. Akar serabut dimiliki oleh tumbuhan biji keping satu (monokotil), misalnya jagung, padi, dan tebu.

Akar tunggang memiliki akar pokok. Akar pokok bercabang-cabang menjadi bagian akar yang lebih kecil. Perbedaan ukuran antara akar pokok dengan akar cabang sangat nyata. Akar tunggang dimiliki oleh tumbuhan berkeping dua (dikotil), misalnya tidak berakar tunggang jika ditanam dengan cara cangkok atau distek. Tumbuhan yang dicangkok atau distek menjadi berakar serabut. Akar serabut memiliki kesamaan dengan akar tunggang. Kedua jenis akar ini dapat bercabang-cabang. Tujuan percabangan akar untuk memperluas bidang penyerapan di dalam tanah. Percabangan akar juga memperkuat berdirinya batang.

Pada bagian tumbuhan terdapat juga akar-akar khusus. Berikut ini akar-akar yang mempunyai sifat tugas khusus.
  • Akar Gantung, Akar ini tumbuh dari bagian batang tumbuhan di atas tanah. Akar tersebut menggantung di udara dan tumbuh kea rah tanah, misalnya akar gantung pohon beringin.
  • Akar Pelekat, Akar ini tumbuh disepanjang batang. Akar tersebut berguna untuk menempel pada kayu, tumbuhan lain, atau tembok. Akar pelekat dimiliki tumbuhan yang memanjat, misalnya akar tumbuhan lada dan sirih.
  • Akar Tunjang, Akar ini tumbuh dari bawah akar ke segala arah. Akar tersebut seakan-akan menunjang batang agar tidak rebah, misalnya akar pohon bakau dan pandan.
  • Akar Napas, Akar napas tumbuh tegak lurus ke atas sehingga muncul dari permukaan tanah atau air. Akar napas ada yang memiliki tumbuhan darat (tumbuhan di tanah) dan ada yang dimiliki tumbuhan air. Akar napas merupakan cabang-cabang akar. Akar napas memiliki banyak celah untuk jalan masuk udara, misalnya akar pohon kayu api.
2. Kegunaan Akar Bagi Tumbuhan
Akar mempunyai beberapa kagunaan. Akar berguna untuk menyerap air dan zat hara, memperkokoh tumbuhan, serta menjadi alat pernapasan. Tumbuhan membutuhkan air dan zat hara untuk kelangsungan hidupnya. Air dan zat hara itu diambil dari dalam tanah. Bagian tumbuhan yang mengambil air dan zat hara itu adalah akar. Menembus tanah dan menyerap air dan zat hara yang dibutuhkan tumbuhan. Air yang tertancap dalam tanah berfungsi seperti pondasi bangunan. Akar membuat tumbuhan dapat berpijak kuat di tanah. Dengan begitu, tumbuhan dapat bertahan dari terjangan air atau angina. Akar berguna sebagai alat pernapasan tumbuhan. Pada permukaan akar terdapat pori-pori. Malalui pori-pori tersebut, udara di dalam tanah terserap kedalam tumbuhan.


Batang
1. Jenis Batang
Batang tumbuhan dapat digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu batang basah, batang berkayu, dan batang rumput. Tumbuhan batang basah memiliki batang yang lunak dan barair, misalnya bayam. Tumbuhan batang berkayu mempunyai kambium. Kambium adalah bagian didalam batang yang hanya memiliki tumbuhan batang berkayu. Kambium mengalami dua arah pertumbuhan. Pertumbuhan kambium ke arah luar membentuk kulit. Pertumbuhan ke arah dalam membentuk kayu. Akibat pertumbuhan kambum, batang bertambah besar. Contoh tumbuhan yang memiliki batang berkayu adalah pohon jati, jambu, rambutan, nangka, dan mahoni. Tumbuhan batang rumput mempunyai ruas-ruas yang nyata dan sering berongga, misalnya tanaman padi dan rumput-rumputan.

2. Kegunaan Batang Bagi Tumbuhan
Batang mempunyai beberapa kegunaan. Batang berguna sebagai pengangkut, penopang, dan penyimpan cadangan makanan pada tumbuhan. Batang berguna sebagai pengangkut alat atau transfortasi tumbuhan. Batang mengangkut zat hara dan air dari akar ke daun. Batang juga mengangkut makanan dari tempat pemasakannya, yaitu dari daun ke bagian tumbuhan yang lain. Batang berguna sebagai penopang tumbuhan. Tujuannya antara lain agar tumbuhan mudah mendapat cahaya (khususnya cahaya matahari). Batang tumbuhan semakin tinggi atau semakin panjang. Dengan begitu, daun yang tumbuh pada batang makin mudah mendapat cahaya.

Pada beberapa tumbuhan, batang berguna sebagai tempat penyimpanan makanan cadangan. Pada umunya, makanan cadangan itu dapat juga kita manfaatkan, misalnya pada tebu, kentang, dan sagu.

Daun
Daun merupakan bagian tumbuhan yang hanya tumbuh dari batang. Dauan biasanya berbentuk tipis melebar dan berwarna hijau. Warna hijau itu disebabkan adanya klorofil, yaitu zat hijau daun. Ada daun yang warnanya hijau muda dan ada yang hijau tua. Namun demikian, ada juga daun tumbuhan yang tidak berwarna hijau, misalnya daun puring. Coba anda sebutkan daun tumbuhan lainnya yang tidak berwarna hijau.

1. Bentuk daun
Daun yang lengkap memiliki bagian-bagian yang berupa pelepah, tangkai, dan helai daun. Akan tetapi, kebanyakan tumbuhan mempunyai yang tidak lengkap. Misalnya, ada daun yang terdiri atas tangkai dan helai daun saja. Sebagian besar tumbuhan seperti ini, misalnya daun nangka dan mangga. Ada pula daun yanghanya terdiri dari pelepah dan helai daun. Contoh daun seperti ini adalah daun padi dan daun jagung.

Bagian daun umumnya paling kelihatan adalah helai daun. Ada berbagai macam bentuk helai daun. Bentuk helai daun dipengaruhi bentuk susunan tulang daun. Bentuk susunan tulang daun terdiri dari tulang daun menyirip, tulang daun menjari, tulang daun melengkung, dan tulang daun sejajar. Tulang daun menyirip berbentuk seperti susunan sirip-sirip ikan. Tulang daun menyirip dapat kita amati pada berbagai tumbuhan, misalnya daun mangga, rambutan, jambu, dan nangka. Tulang daun menjari berbentuk seperti susunan jari-jari tangan. Tulang daun menjari dapat kita amati pada berbagai tumbuhan, misalnya daun papaya, singkong, jarak dan kapas. Tulang daun melengkung berbentuk seperti garis-garis melengkung. Tiap-tiap ujung tulang daun itu terlihat menyatu, misalnya daun genjer dan gadung. Tulang daun sejajar berbentuk seperti garis-garis lurus yang sejajar. Tiap-tiap ujung tulang daun tersebut menyatu, misalnya semua jenis rumput-rumputan.

Ada dua jenis daun berdasarkan jumlah helai daun pada tangkai daun. Jika pada sebatang tangkai daun hanya terdapat satu helai daun, disebut daun majemuk, misalnya daun belimbing.

2. Kegunaan Daun Bagi Tumbuhan
Daun mempunyai beberapa kegunaan. Daun berguna sebagai tempat pemasakan makanan. Daun juga berguna sebagai alat pernapasan tumbuhan. Daun menjadi tempat berlangsungnya proses penguapan. Daun berguna sebagai dapur tumbuhan. Di daun terjadi pemasakan makanan. Makanan itu digunakan tumbuhan untuk kelangsungan hidupnya.

Daun berguna sebagai alat pernapasan tumbuhan. Dipermukaan daun terdapat pori-pori atau mulut daun. Mulut daun disebut juga stomata. Tumbuhan membutuhkan udara untuk pernapasan. Udara masuk ke tumbuhan melalui stomata. Daun berguna sebagai tempat berlangsungnya penguapan. Jika terlalu banyak air dalam tubuh tumbuhan, tumbuhan itu dapat busuk dan mati. Agar tidak busuk, kelebihan air harus dikeluarkan dari tumbuhan. Kelebihan air itu dikeluarkan melalui mulut daun dalam bentuk uap air. Dengan begitu, tumbuhan tidak busuk karena terlalu banyak air.

Bunga
Hampir semua orang menyukai bunga. Kita biasanya menanam tanaman hias yang berbunga dan harum. Ukuran bunga bermacam-macam, ada yang kasar dan ada yang kecil.

a. Struktur Bunga
bunga tersusun atas beberapa bagian. Bunga sempurna memiliki lima bagian, yaitu tangkai, dasar bunga, kelopak, mahkota, benang sari, dan putik. Tangkai bunga menghubungkan bunga dengan batang. Bentuk pangkal tangkai bunga agak membesar. Bagian tangkai yang membesar ini merupakan dasar bunga. Saat bunga belum mekar, mahkota bunga dibungkus oleh kelopak bunga. Mahkota bunga merupakan perhiasan bunga. Mahkota bunga memiliki bentuk dan warna yang beraneka ragam. Keindahan bunga ditentukan oleh bentuk dan warna mahkota bunga. Didalam mahkota bunga terdapat bagian bunga yang bentuknya seperti benang yang disebut benang sari. Benang sari merupakan alat kelamin jantan pada bunga. Bunga ada yang benang sarinya banyak dan ada yang sedikit. Pada bagian tengah bunga juga ada bagian yang agak membesar yang disebut putik. Putik merupakan alat kelamin betina pada bunga.

b. Kegunaan Bunga Bagi Tumbuhan
Mahkota bunga biasanya memiliki bentuk dan warna yang indah. Mahkota yang indah menarik perhatian serangga, misalnya kupu-kupu. Akibatnya, tanpada disengaja kupu-kupu membantu terjadinya penyerbukan. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari ke atas kepala putik. Penyerbukan merupakan awal terjadinya perkembangbiakan tumbuhan. Jadi, bunga memiliki beberapa kegunaan. Bunga mempercantik tumbuhan. Bunga menjadi tempat berlangsungnya perkembangbiakan tumbuhan.

Buah
Selain bunga, bagian tumbuhan yang sangat menarik adalah buah. Buah juga beraneka ragam bentuk, warna dan rasanya. Buah dan biji merupakan bagian hasil perubahan pada bunga. Perubahan terjadi dalam proses perkembangbiakan atau proses tumbuhan memperbanyak dirinya.

a. Struktur Buah
Buah terdiri daritangaki, kulit, daging, dan biji. Tangkai buah menghubungkan buah dengan batang. Kulit buah merupakan lapisan paling luar. Daging buah adalah bagian buah yang biasanya dapat kita makan. Biji biasanya terdapat di tengah-tengah buah.

b. Kegunaan Buah dan Biji bagi Tumbuhan
Buah melindungi bakal tumbuhan baru. Mengapa demikian? Di dalam buah terdapat biji. Biji yang telah tula (matang) merupakan bakal tumbuhan baru. Selama biji tumbuh menjadi matang, daging dan kulit buah melindunginya dari pengaruh buruk dari luar. Biji yang tertanam di lingkungan yang cocok akan tumbuh menjadi tumbuhan baru.

Ditulis oleh: Tugino
Media Belajar Diperbarui pada: Thursday, August 09, 2012

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment